Pelatihan Jurnalistik Forwas Institut Bergerak ke SMPN 1 Taman

Pelatihan Jurnalistik Forwas Institut Bergerak ke SMPN 1 Taman

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Coaching clinic dan oleh e bekerja sama dengan Komunitas Brang Wetan, berlanjut. Kali ini digelar di SMP Negeri 1 Taman.

Dalam acara yang bertemakan "Untuk Membuat Konten Kreatif Dalam Kampanye Toleransi" ini, e diwakili oleh Wartawan Kompas.id Runik Sri Astuti dan wartawan iNews TV Yoyok Agusta tampil sebagai pemateri.

Para siswa yang menjadi peserta dalam acara itu mendapat materi berupa bagaimana cara menulis karya jurnalistik yang baik tanpa melanggar etika dan nilai-nilai toleransi.

Jadi pemateri pertama, Runik Sri Astuti memaparkan bahwa dalam membuat satu tulisan jurnalistik bertemakan toleransi, dibutuhkan adanya kedekatan antara penulis dengan peristiwa intoleran yang akan dijadikan bahan.

"Kalau dalam jurnalisme ada yang namanya proximity atau kedekatan. Jadi kita menulis itu berdasar pada kejadian yang dilaporkan wartawan dekat dengan kehidupan khalayak. Semakin dekat, maka semakin menarik untuk dibaca publik," ujar Runik.

Menurutnya, fenomena intoleran ini dapat datang dari mana saja, termasuk di lingkungan sendiri.

"Jadi observasi ini berangkat dari kondisi sekitar saat ini seperti apa. Nah, dari observasi ini nantinya yang bakal jadi bahan untuk pendeskripsian sebuah tulisan," ucapnya.

Simak berita selengkapnya ...