Bernarkah Warna Lidah bisa Mendeteksi Penyakit? ini Penjelasannya

Bernarkah Warna Lidah bisa Mendeteksi Penyakit? ini Penjelasannya Ilustrasi lindah manusia. Foto : Freepik

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pada saat menjalankan tes , dokter meminta pasien untuk menunjukkan lidahnya. Hal itu, lidah juga bisa mendeteksi kondisi dalam tubuh.

Normalnya, setiap orang memiliki lidah berwarna merah muda dengan bintik kecil (papila) pada permukaannya. Namun, lidah juga bisa mengalami perubahan warna karena kondisi tertentu. Hal ini, bisa menjadi suatu indikasi masalah yang mendasarinya.

Berikut perubahan warna yang terjadi pada lidah.

1. Lidah Berwarna Putih

Jika anda mengalami kondisi ini, segera konsumsi air putih yang banyak. Karena, warna putih pada lidah adalah indikasi kekurangan cairan (dehidrasi) pada tubuh. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada bayi, karena bisa terjadi sisa air susu yang menempel pada lidahnya.

Lalu, indikasi lain bisa karena suatu tanda adanya infeksi jamur yang berkembang pada mulut. Hal ini, sering terjadi pada bayi, lansia atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Sementara itu, bercak putih lainnya, bisa disebabkan oleh leukoplakia (perkembangan sel yang berlebih) akibat iritasi. Hal ini, bisa terjadi pada dan dapat menjadi tanda awal kanker.

Sisi lainnya, lidah yang berwarna putih ini bisa juga disebabkan oleh lichen planus oral. Namun sayangnya, lidah yang berwarna putih seperti ini masih belum diketahui penyebab pastinya. Hal ini, biasanya ditandai adanya garis putih seperti renda pada lidah.

2. Lidah Berwarna Abu-abu

Permasalahan pencernaan bisa memicu lidah kita bisa berubah warna menjadi abu-abu. Kerap kali, kondisi ini dihubungkan dengan hati dan usus, serta tukak lambung atau eksim yang dapat memicu terjadinya lidah berwarna abu-abu.

3. Lidah Berwarna Kuning

Rokok salah satu pemicu terjadinya lidah menjadi berwarna kuning hingga berwarna coklat atau hitam pada ujungnya. Terkadang penyakit kuning dan Psoriasis juga bisa menjadi penyebab lidah berwarna kuning.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':