Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan Bantu BPBD Gresik Dropping Air Bersih di Desa Bendungan

Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan Bantu BPBD Gresik Dropping Air Bersih di Desa Bendungan Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan, Sertu Agung Rudianto, saat membantu BPBD Gresik mendistribusikan air bersih di Desa Bendungan.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan, Sertu Agung Rudianto, membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan bantuan air bersih di Desa Bendungan, Jumat (23/9/2022). 

Daerah tersebut mengalami krisis air bersih selama dua minggu terakhir. Agung berujar, kemarau panjang mengakibatkan kurangnya air bersih di beberapa desa, termasuk Desa Bendungan yang menjadi wilayah binaannya.

"Kekeringan tampak pada mengeringnya sumur warga, sehingga bantuan air bersih sangat dibutuhkan, Menyikapi hal ini, Pemkab berupaya untuk memberi bantuan dropping air bersih pada sejumlah daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan, dropping air bersih merupakan solusi bantuan yang tepat untuk mengatasi krisis air bersih. Pihaknya menyarankan kepada warga agar membuat tandon tadah air hujan disetiap rumah, karena saat musim hujan air bisa tertampung dan membantu mengatasi krisisnya air bersih.

"Kami juga berharap kepada pemerintah kabupaten, perlu upaya untuk bisa mengatasi krisis air bersih dengan membangun sumber-sumber air, seperti sumur bor atau jaringan-jaringan air ke wilayah yang rawan kekeringan," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bendungan, Sholeh (53), menyambut baik dan mengaku senang warganya mendapat bantuan air bersih dari Pemkab . Akibat tidak turun hujan selama beberapa minggu terakhir, warga di Desa Bendungan dan sekitarnya terpaksa memanfaatkan air sungai untuk mandi, mencuci pakaian, piring, dan lain-lain.

“Untuk kebutuhan minum dan memasak, biasanya warga membeli air isi ulang Rp5 ribu per galon, dan ada juga yang mengambil air di desa-desa lain yang sumurnya tidak kering,” kata Sholeh.

Di lokasi yang sama, Camat Duduksampeyan, M. Dedy Hartadi, mengatakan bahwa bantuan dropping air bersih akan terus berlanjut ke setiap desa yang mengalami kekeringan selama musim kemarau. (dev/mar)

foto: Sertu Agung Rudianto, Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan, membantu BPBD Kabupaten dalam mendistribusikan bantuan air bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO