Jaga Stabilitas Harga, Bulog Kediri Gelontorkan Beras Murah

Jaga Stabilitas Harga, Bulog Kediri Gelontorkan Beras Murah Petugas Perum Bulog Cabang Kediri saat melayani masyarakat yang ingin membeli beras murah. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bulog  bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat rutin menyalurkan beras ke pasaran. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan di tengah kenaikan harga BBM.

Kepala Bulog , Mara Kamin Siregar, mengatakan bahwa program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) merupakan salah satu agenda pemerintah untuk menjaga stabilitas harga beras tetap aman dengan menambah pasokan beras ke pasaran.

"Sejak awal tahun 2022 hingga hari ini, Perum Bulog Kantor Cabang terus menggelontorkan beras KPSH baik melalui saluran penjualan ritel dan distributor hingga operasi pasar guna memastikan harga beras di masyarakat aman," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (26/9/2022).

Menurut Mara Karim, bahwa dari hasil pantauan di lapangan, kenaikan harga beras yang terjadi saat ini merupakan salah satu dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak disamping belum banyaknya panen padi. Namun, lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena Bulog rutin menggelontorkan beras untuk mengendalikan harga beras di pasaran.

"Kegiatan KPSH ini juga merupakan instruksi dari Kantor Wilayah dan pelaksanaannya dilakukan secara massive di seluruh Jawa Timur. Masyarakat yang membutuhkan beras dapat mendatangi kantor Bulog, karena kami setiap hari menyediakan beras medium yang telah dikemas 5 kg, dengan harga jauh dibawah HET sebesar Rp. 9.450/kg,"terang Mara Karim.

Untuk masyarakat Kota , lanjut Mara Karim lagi, dapat mendatangi lokasi Operasi Pasar setiap hari Rabu di beberapa lokasi di kelurahan. Selain beras, masyarakat dapat membeli bahan pokok lain seperti minyak goreng dan telur ayam.

Ditambahkan Mara Karim Siregar, bahwa Perum Bulog Kantor Cabang juga menyediakan beras KPSH melalui pasar tradisional dan outlet-outlet binaan seperti Rumah Pangan Kita yang tersebar di seluruh wilayah kerja Bulog.

"Kegiatan Operasi Pasar atau Program KPSH yang dilakukan sepanjang tahun oleh Bulog ini terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen. Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahan Pangan yang ditugaskan kepada Bulog yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas,"pungkas Mara Karim Siregar. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO