Tingkatkan Pelayanan, RSUD Tuban Sediakan Layanan Cath Lab Jantung tanpa Operasi

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Tuban Sediakan Layanan Cath Lab Jantung tanpa Operasi Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meresmikan Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskuler, Catheterization Laboratorium (Cath Lab) Jantung di dr. R Koesma Tuban, Minggu (2/10/2022)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Koesma , membuka Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskuler, Catheterization Laboratorium () Jantung.

Hal itu sebagai langkah rumah sakit milik pemerintah ini, memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dengan pelayanan  tersebut, warga yang memiliki keluhan jantung dapat ditangani di RSUD , sehingga tidak perlu melakukan pengobatan di luar daerah.

"Masyarakat yang memiliki permasalahan pada jantung tidak perlu ke rumah sakit di Surabaya karena sudah bisa tertangani di ,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik, RSUD Dr. Koesma , dr. Erwin Era Prasetya, Minggu (2/10/2022).

Ia menjelaskan,  merupakan suatu pelayanan yang dilakukan di ruangan laboratorium kateterisasi jantung untuk melakukan tindakan invasif non bedah pada penyakit jantung, sebagai penegakan diagnosa dan intervensi atau terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri dengan menggunakan kateter kecil.

Lebih lanjut, Cathlab yang dibangun dengan bantuan Pemprov Jatim tersebut sudah dinyatakan aman dan telah mendapatkan ijin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) untuk tingkat radiasinya.

"Untuk tenaga medis, RSUD menyekolahkan dokter ahli bedah jantung, dan siap melaksanakan tindakan medis," imbuhnya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO