Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Catat Jadwal Wilayah Jawa Timur di Sini

Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Catat Jadwal Wilayah Jawa Timur di Sini Ilustrasi manusia tanpa bayangan. Foto : Int/persbiomaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menganalisa akan terjadi fenomena Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, terjadi mulai 7 September-21 Oktober 2022.

Fenomena ini, terjadi ketika berada tepat diatas, sehingga tidak terbentuknya bayangan oleh benda tegak tidak berongga saat siang hari.

Perbedaan waktu Hari Tanpa Bayangan

Dilansir Kompas.com, Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang menjelaskan, saat terjadi fenomena itu karena berada tepat di atas kepala selama satu bulan lebih. Hal ini, disebabkan karena nilai delinasi Matahari bervariasi, antara 6 derajat LU-11 derajat LU sejak minggu kedua September hingga Minggu ketiga pada Oktober 2022.

Deklinasi sendiri adalah sudut apit antara lintasan semu harian Matahari dengan proyeksi ekuator Bumi pada bola langit (disebut juga ekuator langit).

Karena nilai deklinasi Matahari sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia, maka akan berada tepat di atas kepala saat siang hari.

"Karena bentang geografis Indonesia dari 6 derajat LU sampai dengan 11 derajat LS. Makanya, untuk setiap kota besar di indonesia berbeda-beda tergantung dari letak geografisnya," kata Andi.

Ia menambahkan, fenomena terjadi dua kali dalam setahun pada kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan.

Sedangkan, Kota yang terletak di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan, akan mengalami fenomena iru sekali dalam setahun, yaitu pada Solotis Juni (21/22 Juni) atau pada Solotis Desember (21/22 Desember).

Sementara itu, wilayah yang diluar garis tersebut, Matahari tidak akan berada di atas kepala ketika siang hari sepanjang tahun.

"Paling awal di Kota Sabang tanggal 7 September, paling akhir di Rote Ndao tanggal 21 Oktober," tuturnya.

Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa dimulai dari Kepulauan Karimun Jawa, yaitu pada 8 Oktober dan berakhir di Semenanjung Blambangan pada 15 Oktober 2022.

Berikut jadwal Hari Tanpa Bayangan di seluruh Jawa Timur:

Lihat juga video 'Tebang Pohon Rambutan, Sungai di Gowa Berbusa':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO