Banjir Landa Sejumlah Daerah, Khofifah Imbau Pintu Air Rutin Dicek: Jangan Sampai Terlambat

Banjir Landa Sejumlah Daerah, Khofifah Imbau Pintu Air Rutin Dicek: Jangan Sampai Terlambat Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bergerak cepat meyikapi bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur. Ia meminta setiap daerah melakukan persiapan matang dalam menghadapi ancaman dan .

"Kita sudah mengkoordinasikan terkait intensitas hujan yang tinggi, La Nina dan . Maka masing-masing daerah harus menyiapkan kebutuhan untuk antisipasi , terutama banjir," tuturnya.

Khofifah mengingatkan pentingnya mengecek pintu-. Ia meminta hal itu dilakukan secara rutin agar tidak sampai terjadi keterlambatan membuka ke waduk.

"Petugas yang ada harus selalu membawa HT (handy talkie), agar bisa mengakses komunikasi sesegera mungkin. Kalau ada endapan-endapan, sudah sering saya sampaikan ke kepala daerah untuk melakukan pengerukan," tutupnya.

Khofifah juga mengatakan, apabila ada penyumbatan di gorong-gorong, apabila gorong-gorongnya diameternya tidak luas, memang harus ada sedotan khusus. karena kemungkinan ada sampah atau endapan di gorong - gorong.

"Jadi di seluruh titik kemungkinan yang menjadi sumbatan air hujan, memang semuanya harus dilakukan proses pengerukan. Saya mengajak masyarakat Jawa Timur untuk kerja bakti bersama," terangnya.

Khofifah juga meminta supaya got dan saluran air bersih dari endapan. Sehingga kalau ada suplai dari air hujan, maka langsung bisa mengalir.

"Titik-titik di memang harus bisa dipastikan benar-benar beroperasi," imbuhnya. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO