Masyarakat Diimbau Tidak Panik Berlebihan: Berikut Klarifikasi IDAI soal Paracetamol Sirup

Masyarakat Diimbau Tidak Panik Berlebihan: Berikut Klarifikasi IDAI soal Paracetamol Sirup Ilustrasi mengonsumsi paracetamol sirup. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Hingga saat ini belum ada temuan yang bersifat konklusif mengenai penyebab gangguan akut misterius yang dialami oleh anak Gambia, India. Gangguan akut misterius menggemparkan banyak negara termasuk Indonesia.

Di Gambia, India terdapat tiga produk sirup yang diduga berkaitan tetapi dapat dipastikan produk tersebut tidak beredar di Indonesia.

dr. Piprim mengungkapkan hingga saat ini hubungan penggunaan terhadap kasus gangguan akut masih terus ditelusuri oleh Kementerian Kesehatan RI.

Pernyataan Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia () yakni dr. Piprim sebelumnya membuat risau masyarakat terkait penggunaan sirup yang memiliki keterkaitan dengan gangguan akut misterius tersebut.

Namun, dr. Piprim melakukan klarifikasi mengenai hal ini dalam Instagram Livenya.

"Saya tidak menganjurkan pemberhentian sirup . Saya terus terang tidak memiliki kapasitas dalam ranah tersebut, mungkin bisa dari badan POM. Kali ini ialah momentum edukasi agar lebih rasional dalam menggunakan obat-obatan. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter", ujar dr. Piprim.

Artinya, memang belum ada penyebab khusus dan pasti dari kasus gangguan misterius ini. Jadi masyarakat dihimbau untuk tidak terlalu panik berlebihan. 

"Hasil rapat dengan RI kemarin, hal ini menjadi upaya kewaspadaan dini saja hingga nantinya terbukti aman maka dapat dilanjutkan", lanjut dr. Piprim.

Stay healthy everyone!

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO