Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Dinkes Batu Gencarkan Sosialisasi

Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Dinkes Batu Gencarkan Sosialisasi Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana Dinkes Batu, Susana Indahwati.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Maraknya kasus gagal akut yang menimpa anak usia 0-18 tahun, mendapat respons serius dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota . Guna mengantisipasi hal itu, sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut tengah digiatkan.

"Ya, kami telah melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui gejala awal penyakit ini," kata Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana Dinkes , Susana Indahwati, saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022).

Ia menyebut, sampai saat ini tidak ada kasus gagal akut misterius di Kota . Namun, masyarakat diminta tetap waspada dengan cara menjaga pola hidup sehat untuk menghindari penyakit itu.

"Jaga perilaku hidup bersih dan sehat. Jaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit," tuturnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan tanda-tanda kewaspadaan dini gagal akut pada anak. Yaitu demam atau gejala infeksi lain selama 14 hari. Lalu, batuk, diare atau mual muntah, dan anak tidak kencing dalam 6-8 jam atau warna kencing seperti teh.

"Jangan beri sembarang obat saat anak sakit. konsultasikan dulu kepada dokter. Kebanyakan pasien yang terkena penyakit ini tidak pernah mengalami kelainan sebelumnya," pungkasnya. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO