Diduga Gagal Ginjal Akut, Balita di Ngawi Meninggal Dunia

Diduga Gagal Ginjal Akut, Balita di Ngawi Meninggal Dunia Kepala Dinas Kesehatan Ngawi, dr.Yudono.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Seorang balita yang hendak dirujuk di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ,Jakarta, meninggal dunia, Rabu (19/10/2022) lalu. Diduga, penyebab kematian balita tersebut, karena alami akut misterius.

Hal itu, membuat masyarakat meyakini, bahwa kematian balita tersebut akibat mengkonsumsi obat sirup yang mengandung senyawa etilen glikol. Sebab, balita tersebut, sebelumnya telah dirawat disalah satu rumah sakit di .

"Dimungkinkan ada satu kasus di . Rencananya pasien ini akan dirujuk ke Jakarta. Namun saat di perjalanan sampai di Solo sudah meninggal," kata Kepala Kabupaten , Yudono saat dikonfirmasi oleh awak media, Jumat (21/10/2022)

Ia mengatakan, sebelumnya balita tersebut sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam AT-TIN . Pasien tersebut, saat itu mengalami demam tinggi, muntah dan diare.

Dugaan sementara, lanjutnya, pasien tersebut mengalami akut.

"Awalnya anak tersebut alami demam tinggi, selain itu tidak bisa buang air kecil. Kalau melihat indikasinya mengarah ke akut misterius," jelasnya.

Hal itu, Pihak Dinkes , masih belum banyak melakukan langkah apapun. Hanya memberikan imbauan kepada masyarakat terkait penggunaan sirup di puskesmas, rumah sakit maupun di Apotek. Sebab, dari Kementerian Kesehatan sendiri, juga masih belum ada instruksi hingga ke daerah.

"Untuk sementara ini, kita hanya melarang pemakaian obat jenis syrup pada anak-anak. Kalau Paracetamolnya tidak masalah yang berbahaya bahan penyertanya," pungkasnya. (nal/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO