Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2022, Kemenag Lamongan Undang KH Syukron Jazilan

Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2022, Kemenag Lamongan Undang KH Syukron Jazilan K.H. Syukron Jazilan saat memberi tausiyah dalam kegiatan yang digelar Kemenag Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kemenag menggelar peringatan SAW dan (HSN) 2022, Selasa (25/10/2022). Agenda yang berlangsung di Aula Kemenag itu menghadirkan penceramah kondang dari Surabaya, K.H. Syukron Jazilan.

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag , Sunhaji, mengatakan bahwa peringatan SAW mengangkat tema teguhkan moderasi beragama, sekaligus HSN 2022 bertujuan untuk menguatkan program terkait yang menjadi tugas utama Kementerian Agama.

“Tema ini bertujuan memberi pemahaman kepada kita semua tentang pentingnya memiliki sikap moderat di tengah masyarakat yang beragam seperti bangsa Indonesia ini,” ujarnya.

Menurut dia, penyuluh agama berkewajiban untuk mencegah dan membendung ekstremisme dan fanatisme. Sehingga, mereka memiliki cara pandang dan sikap yang toleran terhadap perbedaan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag , Fausi, mengapresiasi kinerja para penyuluh. Dia berharap, penyuluh Kemenag bisa menjadi agen penguatan moderasi beragama di masyarakat.

"Minimal, mereka dapat memberikan pemahaman toleransi kepada keluarganya sendiri. Sampaikan kepada masyarakat terkait keberagaman dan perbedaan-perbedaan itu dengan bahasa agama yang santun," kata Fausi.

"Cara menghidupkan toleransi dalam penerapan moderasi beragama yaitu dengan menghindari kekerasan. Mengajak orang lain melakukan kebaikan dengan cara yang keras, lantang, belum tentu akan diterima dan diikuti. Menerima dan mengikuti ajakan kebaikan itu tergantung dari kerelaan hati,” paparnya menambahkan.

KH. Syukron Jazilan dalam tausiyahnya menyampaikan urgensi mengenai nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat dan toleransi beragama.

"Jadilah pribadi yang kuat dan berjuang untuk mewujudkan Kehidupan yang damai dan bahagia serta saling menghargai antar sesama," tuturnya. (qom/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO