8 Gejala Sebelum Serangan Jantung Datang

8 Gejala Sebelum Serangan Jantung Datang Ilustrasi. Foto: Pixabay

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Akhir-akhir ini, sebuah studi mengungkapkan adanya gejala yang muncul sebulan sebelum seseorang mengalami " rel="tag">serangan .

Biasanya, " rel="tag">serangan datang secara tiba-tiba, akan tetapi sebenarnya, ada banyak tanda-tanda yang dapat mengidentifikasi " rel="tag">serangan itu datang.

Dikutip laman Express, penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association di Dallas ini, menunjukkan wawasan gejala umum sebelum " rel="tag">serangan menyerang seorang pria.

Berdasarkan grafik retrospektif, penelitian ini menyoroti gejala umum yang mendahului " rel="tag">serangan pada 567 pria berusia 35-65 tahun.

Dari nilai tersebut, hampir 80% dari gejala tertentu, terjadi antara empat minggu hingga satu jam sebelum " rel="tag">serangan tersebut menyerang.

Mereka yang memiliki gejala, 56 persen mengalami nyeri pada bagian dada, 13 persen alami sesak nafas, dan 4 persen alami pusing, pinsan, atau terasa berdebar-debar.

Namun demikian, sebuah editorial yang diterbitkan dalam Jornal of General Internal Medicine mengatakan beberapa keterbatasan penting soal penelitian ini.

Temuan tersebut menunjukkan, bahwa setiap pria paruh baya dengan nyeri pada bagian dada atau sesak nafas, mungkin adalah sebuah kondisi awal " rel="tag">serangan .

Meskipun pesan keseluruhan dari para peneliti bermanfaat, studi tersebut justru kurang menunjukkan prevalensi gejala ini di sebagian populasi.

"Misalnya, dalam kelompok satu juta pria paruh baya, berapa banyak yang akan mengalami nyeri dada atau sesak napas dalam sebulan?" tulis editorial itu.

"Bahkan jika 50.000 pria mengalami gejala yang tidak jelas itu, berapa banyak yang kemudian akan mengalami " rel="tag">serangan ?" sambungnya.

Namun demikian, temuan yang menunjukkan bahwa yang perlu diwaspadai terhadap setiap perubahan sekecil apapun.

Hal ini, diperlukan respon yang tepat untuk setiap gejala yang menyerupai " rel="tag">serangan , karena, respon tersebut akan meminimalisir tingkat kerusakan yang ditimbulkan pada otot .

Perubahan kecil atau gejala sebelum " rel="tag">serangan

Berdasarkan Cambridge News mengatakan, ada gejala unik sebulan sebelum " rel="tag">serangan menyerang.

1. Fatigue atau kelelahan

Fatigue merupakan gangguan yang lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Misalnya, kelelahan mengerjakan pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan seperti menyapu, mengganti sprei.

Lihat juga video 'Innalillahi, Wali Kota Bandung Meninggal Saat Naik Mimbar Khatib Salat Jumat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO