Tips dan Cara Memancing yang Benar Agar Dapat Banyak Ikan

Tips dan Cara Memancing yang Benar Agar Dapat Banyak Ikan Ilustrasi gambar mancing (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memancing merupakan aktivitas untuk menghilangkan penat dan stress yang menyenangkan. Selain itu, saat berhasil memperoleh ikan juga akan menjadi kepuasan tersendiri bagi si pemancing.

Namun lain halnya dengan angler pemula, memancing biasanya menjadi hal yang sukar dan tak segampang yang dibayangkan. Mulai dari teknik memancing, peralatan yang digunakan, hingga memilih umpan.

Bagi pemula, sebenarnya ada beberapa tips dan cara memancing ikan agar cepat dapat banyak. Hal itu tentunya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas memancing. Berikut ini kami telah rangkum tips dan cara memancing ikan agar dapat banyak ikan dalam waktu singkat:

Tips dan Cara Memancing Ikan

1. Tentukan Spot yang Potensial

Dilansir dari Wikihow, para angler pemula bisa mencoba memancing di danau, sungai, dan kolam. Apabila lokasi Anda jauh dari tempat tersebut, di berbagai daerah banyak menghadirkan kolam pemancingan yang dapat menjadi sarana Anda untuk memancing.

Kenyamanan tempat memancing serta ketersediaan ikan juga harus dipertimbangkan lantaran Anda akan menghabiskan waktu yang tidak sebentar untuk menangkap ikan.

Selain itu, pastikan spot atau lokasi pemancingan yang dipilih bukan wilayah yang dilarang.

2. Ketahui jenis ikan dan umpannya

Setelah menentukan spot mancing, Anda harus mengetahui jenis ikan yang yang ada di tempat itu. hal ini bertujuan menentukan jenis joran dan kail pancing agar sesuai dengan kapasitas ikan yang akan dipancing.

Misalnya, gunakan pelet dengan kombinasi essen super untuk memancing nila, gurame, patin, tombro, dan mujair. Atau ulat hongkong, cacing tanah dan jangkrik sebagai umpan ikan lele.

3. Cari Waktu Terbaik untuk

Pada waktu tertentu Ikan keluar untuk mencari makan, yaitu waktu menjelang pagi dan saat menjelang sore. Ini merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan ikan.

Aktivitas ikan terhadap makanan pada waktu tersebut sangatlah baik. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk memperoleh ikan yang banyak. Apabila masih ada kesibukan mancing di pagi hari, Anda dapat mengalihkan waktu memancing menjelang sore hari.

4. Sesuaikan reel dan joran

Komponen reel dengan kekuatan sedang dan joran dengan ukuran panjang 2 meter menjadi pilihan dalam memancing.

Spesifikasi alat pancing ini bertujuan untuk mendapatkan bobot ikan yang tidak terlalu besar.

Disarankan untuk memilih joran yang panjangnya tidak melebihi tinggi tubuh Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman ketika menarik reel pada saat umpan dimakan ikan.

5 Memilih senar pancing

Pilihlah jenis senar pancing monofilament yang sesuai dengan panjang joran, yaitu 2 meter.

Gunakan senar pancing yang memiliki bobot 2,7 hingga 5,4 kilogram untuk memancing di danau, sungai, dan kolam. Sebelum memancing, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui bobot rata-rata ikan yang ada di area tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO