Relawan Anies Baswedan Kepulauan Raya Sumenep Layani Bantuan Hukum Gratis

Relawan Anies Baswedan Kepulauan Raya Sumenep Layani Bantuan Hukum Gratis H. Daeng Akhmad Sulton.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Banyaknya kasus hukum yang menerpa masyarakat kepulauan di menjadi perhatian H. Daeng Akhmad Sulton, Ketua Jaringan Nasional Relawan Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kepulauan Raya .

Menurut pria kelahiran Arjasa itu, permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat Kepulauan rata-rata karena keawaman mereka dalam bidang hukum. Selain itu, juga karena tidak ada yang memediasi, sehingga berakhir di jalur hukum.

Padahal, saat ini permasalahan hukum tidak hanya diselesaikan di pengadilan, karena pintu restorative justice (RJ) juga diatur dalam tatanan hukum di Republik Indonesia.

Karena itu, Mantan Kepala Desa Cellong Pajanangger Arjasa dua periode itu berharap, penyelesaian sengketa masyarakat kepulauan ditutup dengan cara-cara yang ada di luar pengadilan atau menggunakan lembaga alternatif penyelesaian sengketa.

"Insya Allah, Relawan Kepulauan Raya nantinya tidak hanya mengupayakan RJ atas berbagai kasus yang terjadi di kepulauan. Kami akan membantu pendampingan hukum lainnya yang terjadi di kepulauan, mengingat kasus di kepulauan cukup banyak. Insya Allah gratis bagi orang miskin untuk tuntutan 5 tahun ke atas," ujar Daeng.

Pihaknya akan bekerja sama dengan lembaga bantuan hukum yang ada di Jawa Timur dalam mendampingi masyarakat miskin yang ditimpa masalah hukum.

"Kami juga akan menugaskan sejumlah paralegal untuk membantu menangani teknis yang kami tangani di kepulauan. Sehingga kelak kegiatan ini berjalan lancar," paparnya.

Daeng Sulton berharap kegiatan ini didukung seluruh komponen masyarakat, untuk melakukan kampanye anti narkoba dan tindak pidana lainnya, agar tindak pidana di kepulauan bisa berkurang. Ia berharap ada kerja sama dengan kepolisian setempat, kepala desa, lembaga, ponpes, serta sekolah negeri dan swasta.

Sememntara Kordinator Madura, Jakfar Faruk Abdillah, menyambut baik ide-ide Relawan Kepulauan .

"Semoga bisa segera terwujud. Insya Allah saya support kegiatan itu dan saya laporkan kegiatan tersebut ke DPP Jarnas," ungkapnya. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO