Eko Suryono Beberkan Tantangan Jadi Fasilitator Konflik Agraria antara Warga dengan TNI AL

Eko Suryono Beberkan Tantangan Jadi Fasilitator Konflik Agraria antara Warga dengan TNI AL Eko Suryono saat menyampaikan paparan di hadapan mahasiswa.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Eko Suryono menjadi narasumber dalam seminar terbuka yang digelar oleh Kampus Universitas Yudharta, Purwosari, Pasuruan, Rabu (7/12/2022).

Seminar tersebut mengambil tema "Peran Fasilitator dalam Penyelesaian Konflik Agraria". Dalam paparannya, Eko selaku Ketua Pansus Konflik Agraria 10 desa di Kabupaten Pasuruan dengan TNI AL menjelaskan perannya sebagai fasilitator.

"Jadi fasilitator itu harus pengalaman luas, berani, bertanggung jawab, mampu menjembatani kedua belah pihak untuk duduk bersama," kata anggota Fraksi Nasdem tersebut di Aula Nusantara Lantai 3.

Ia menceritakan pengalamannya memimpin pansus konflik agraria antara warga dengan TNI AL. Menurutnya, tantangan dan risiko dalam menangani kasus tersebut sangat besar. Namun dengan bekal kekuatan konsistensi dan keberanian, tantangan tersebut mampu dilalui.

Selama memimpin pansus, ia mendapat banyak keluhan dari warga 10 desa yang saat ini berkonflik dengan TNI AL. Yaitu pelarangan pembuatan KTP, pemasangan listrik, pembangunan jalan, pembangunan rumah warga, perizinan, dan lainnya.

Tantangan itu menjadi perjuangan bagi Eko Suryono, yang notabene termasuk salah satu warga di wilayah konflik tersebut.

Simak berita selengkapnya ...