Menjelang Nataru 2023, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Menjelang Nataru 2023, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik Aktivitas Pasar Anom Sumenep di penghujung tahun 2022. Foto: Ist.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, sejumlah harga kebutuhan di pasar tradisional Kecamatan Kota, Kabupaten , merangkak naik. Pemantauan harga ini, dilakukan di Pasar Anom Baru, yang merupakan pasar induk dan Pasar Bangkal sebagai pembanding.

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, yang mengalami kenaikan harga yaitu, daging ayam broiler semula harga Rp37 ribu kini menjadi Rp38 ribu per kilogram.

Sedangkan minyak goreng curah, saat ini, mengalami kenaikan menjadi Rp18.000 sebelumnya dengan harga Rp16.000. Bahkan, harga telur ayam ras masih tinggi, diharga Rp30.000 per kilogram.

"Untuk kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok itu terjadi hampir di semua daerah. Bukan hanya di Kabupaten saja," ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten , Noer Lisal Anbiya, Kamis (08/12/2022).

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi di ini, akibat pasokan dari distribusi juga melambung tinggi. Sehingga, para pedagang turut menaikkan harganya, ditambah menjelang perayaan Nataru.

Kenaikan yang cukup tinggi, lanjutnya, juga terjadi pada komoditas cabai, baik cabai besar maupun cabai rawit.

"Harga cabai merah besar kini mencapai Rp25 ribu dari pekan lalu Rp20 ribu per kilogram. Dan cabai rawit dari Rp33 ribu melonjak Rp40 ribu per kilogram," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang eceran, Rini Hartini, yang berjualan di Jalan Bartib, membenarkan atas kenaikan harga di .

“Iya benar barang barang dipenghujung tahun ini menjadi naika semuanya, saya tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab naiknyha barang menjeang tahun baru ini,” katanya (aln/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO