Mengenal Bandar Grissee, Ikon Kota Tua Kabupaten Gresik yang Baru Dilaunching

Mengenal Bandar Grissee, Ikon Kota Tua Kabupaten Gresik yang Baru Dilaunching Bandar Grissee di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Gresik. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab me-launching proyek penataan 7 kawasan kota tua yang dinamakan ". Destinasi di sepanjang Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan , ini menjadi ikon Kota Tua Kabupaten .

Launching akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16-18 Desember 2022, bersamaan dengan peluncuran "Tenun ".

Selama tiga hari, kegiatan diisi dengan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tari-tarian, fashion show, sholawatan, safari , fun bike, dan lainnya. Juga ada penampilan spesial dari Dodit Mulyanto, Dwi Sasono, dan Klantink.

Wakil Bupati , Aminatun Habibah, mengatakan akan menjadi salah satu ikon budaya dan toleransi terbaik di Kabupaten .

"Kami merasa bangga, karena ini punya banyak sekali keunikan. Salah satunya, budaya dan toleransi. Karena di sini kita diapit oleh tiga kawasan yang berbeda sejak dulu. Ada Kampung Arab, Kampung Pecinan, dan Kampung Kolonial yang memiliki kebudayaan yang berbeda," ujar Wabup Habibah, Jumat (16/12/2022).

Menurut beberapa literatur, sudah ada sejak sekitar tahun 1.400 M. Hal ini merujuk pada zaman Sunan Giri. Dinamakan Bandar, karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan. Sedangkan Grissee merujuk pada sebutan saat jaman kolonial (Belanda). Perancangan tempatnya sendiri berdasarkan potret gambar yang telah ada sejak dulu.

Dalam launching ini juga diserahkan hadiah lomba kontes videografi yang digelar beberapa waktu lalu. Juara I, Ahmad Kholilullah dengan judul "", Juara II Arendra Afriansyah dengan judul "Melekat Kisah Peradaban", dan Juara III Muhammad Fathurrochman dengan judul "Kota Kita ".

Juga, ada lomba Damar Kurung Painting yang didukung langsung oleh PT Nipsea Paint and Chemical (Nippon Paint) . Juara I Ahmad Feri, Juara II Rahmat Basuki, dan Juara III Muhammad Bachruddin.

Rencananya, pembukaan akan ditutup dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Kegiatan ini akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO