Menteri ATR/BPN Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah kepada Warga Desa Tambaksari Pasuruan

Menteri ATR/BPN Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah kepada Warga Desa Tambaksari Pasuruan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto kiri saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Desa Tambakasari.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - () atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)  menyerahkan ratusan kepada warga , Purwodadi, Pasuruan, Rabu (28/12/2022).

Pembagian sertifikat itu setelah pihaknya melakukan klarifikasi tanah kawasan bukan hutan. Diketahui, selama ini warga dan perhutani bersengketa atas kepemilikan lahan tersebut. 

Oleh karena itu, mengaku diperintah langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan perselisihan status tanah warga.

Menurutnya, tanah negara yang difungsialihkan oleh warga itu merupakan aset kemajuan negara.

"Oleh karenanya, masyarakat petani, nelayan, dan buruh tani, merasa punya legalitas resmi dalam mengelola lahan masing-masing, dan mereka juga merasa tenang melakukan aktivitas kesehariannya," ujar Hadi.

Dalam kesempatan ini, Hadi juga berpesan kepada masyarakat agar tidak percaya dengan mafia tanah. Ia mengimbau masyarakat mengurus sertifikasi tanah secara mandiri.

Ia juga mengancam para mafia tanah agar tidak bermain-main dengan urusan kepentingan masyarakat. "Awas jangan bermain-main dengan urusan warga. Jika ketahuan, hukumannya sangat berat," ucap purnawirawan jenderal tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO