Gus Dur Dicap Kafir karena Bermalam di Kediaman Pendeta, Begini Penjelasan Gus Fahmi

Gus Dur Dicap Kafir karena Bermalam di Kediaman Pendeta, Begini Penjelasan Gus Fahmi Gus Fahmi saat berada di tengah-tengah Ikapete Pasuruan Raya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - KH. Fahmi Amrullah atau yang akrab disapa angkat bicara terkait () yang pernah dicap kafir karena bermalam di rumah pendeta. Ia meminta masyarakat untuk tidak mudah mempersoalkan perbedaan terlalu dalam.

"Jika ada aliran yang mudah menyalahkan sholawatan, tahlilan, ziarah kubur, cukup panjenengan bilang sak karepmu (terserah)," ujarnya saat mengisi rutinan pengajian kitab At-Tibyan karangan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari yang digelar oleh () Pasuruan Raya, Minggu (15/1/2022).

menjelaskan, orang seperti itu merasa dirinya paling mulia dan paling benar. Dengan demikian, para hadirin diminta untuk tidak berdebat dan lebih baik mengabaikan mereka. 

"Jangankan kita, saja dikafirkan gara-gara bermalam di rumah sahabatnya, Pendeta Kristen di Malang," tuturnya.

Ia pun menceritakan kisah saat itu. Beliau tidak mau bermalam di hotel saat melakukan perjalanan karena senang silaturahim. Karena terlalu malam, presiden ke-4 ini menyempatkan diri untuk menginap di rumah temannya yang berbeda agama. 

"Sepulang dari Malang, sudah banyak wacana bahwa kafir. Jangankan masuk surga, baunya saja gak bakalan. Kok kereng (jahat) gitu," ucapnya.

Namun, mengatakan bahwa Imam Syafi'i menghadiahi bacaan Alquran kepada gurunya Imam Ahmad Ibnu Hambal. 

"Di sana kita sudah jelas bahwa di dalam kandungan tahlil itu kalimat Thoyibah yang ada di dalam Al-Qur'an dan hadits, seperti ayat kursi, surat Yasin, dan lafadz la Ilaha illalloh," paparnya.

Sementara itu, Ketua Kabupaten Pasuruan, Khoirul Basyar, mengatakan bahwa forum silaturahmi merupakan solusi mencairkan ketegangan sosial, baik di level bawah maupun atas.

"Pentingnya pengajian Kitab Mbah Hasyim ini memang mencairkan setiap ketegangan yang ada. Makanya, rugi lek gak ngaji (kalau tidak mengaji kitab beliau," pungkasnya. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO