Kirab Panji NU Tandai 100 Tahun Nadhlatul Ulama

Kirab Panji NU Tandai 100 Tahun Nadhlatul Ulama Wali Kota Sutiaji saat memberangkatkan rombongan kirab panji NU dari depan Masjid Agung Kota Malang.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Kirab Panji dalam rangka memperingati 1 Abad Nadhlatul Ulama berlangsung meriah dengan iring-iringan lima unit rombongan , Minggu (15/1/2023).

Rombongan diberangkatkan dari depan Masjid Agung Jami' Malang oleh  .

Baca Juga: Hadiri Muslimat NU Bersholawat Bersama Habib Syech, Khofifah: Jamaah yang Konsisten Mendoakan Bangsa

" memiliki kontribusi luar biasa. Bukan hanya memikirkan perjuangan perjuangan-perjuangan melawan Belanda saja, namun juga mewujudkan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia," ujar sebelum memberangkatkan kirab.

Menurutnya, kiprah dan peran dalam membanguan bangsa sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, saat ini punya banyak badan otonom yang memiliki fungsi masing-masing. Ada Muslimat dan Fatayat yang anggotanya adalah perempuan , Gerakan Pemuda Ansor, IP (Ikatan Pelajar ), IPP (Ikatan Pelajar Putri ), hingga PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

"Untuk lembaganya juga macam-macam, ada lajnah. Seluruh sudut kehidupan itu ada di , maka kalau kita bicara kontribusinya, saya ndak bisa ngitung," katanya.

Baca Juga: Kick Off Hari Santri Nasional di Pamekasan, Khofifah Beberkan Peran NU untuk Kemerdekaan Indonesia

Ia berharap peringatan satu abad dijadikan momen untuk mengingat kembali atau introspeksi. "Orang yang mengaku , saya kira jangan dilihat dari simbolis-simbolis yang melekat saja. Bajunya Nahdlatul Ulama, tetapi ruh dari didirikan tidak memahami," ujar .

"Nahdha adalah pergerakan. Berarti Nahdlatul Ulama merupakan pergerakan ulama-ulama, yakni al ulama warasatul annbiya. Di mana, makna sesungguhnya monumental sekali. Apa yang diinisiasi oleh para ulama terdahulu dapat dilakukan," tambahnya.

Baca Juga: Khofifah Ajak Nahdliyin Implementasikan Qanun Asasi NU saat Harlah Muslimat ke-78 di Kota Batu

"Satu abad ini merupakan peringatan untuk muhasabah. Untuk berintrospeksi diri dan sebagai penguatan diri," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PC Kota Malang KH Isroqunnajah menyampaikan jika kirab panji merupakan bagian dari kegiatan peringatan satu abad yang sebelumnya ditandai pemasangan bendera sejak tanggal 10 Januari hingga 10 Februari 2023 di Kantor PC Kota Malang.

"Kirab satu abad akan kami kebut selama dua hingga tiga jam. Nanti tanggal 29 Januari di car free day dan acara puncak satu abad di Gelora Delta Sidoarjo dengan tema 'Merawat Jagat dan Membangun Peradaban'," terang KH Isroqunnajah. (dad/rev) 

Baca Juga: Di Haul ke-34 Syaikhuna KH Anwar Nur, Khofifah Berbagi Cerita soal Jatim Berkah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO