Rumah Dinas dan Rehabilitasi Napza Kejari Hibah Pemkab Gresik Diresmikan

Rumah Dinas dan Rehabilitasi Napza Kejari Hibah Pemkab Gresik Diresmikan Kajati Jatim, Mia Amiati, bersama Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, dan Kajari Gresik, Muhamad Hamdan Saragih, saat peresmian rumah dinas dan rehabilitasi napza. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Rumah dinas dan rehabilitasi narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya (Napza) Kejaksaan Negeri (Kejari) hibah pemerintah daerah setempat diresmikan oleh Kajati Jatim, Mia Amiati, Selasa (24/1/2024). Bangunan tersebut dibangun dengan APBD 2022 senilai Rp4 miliar lebih. 

" memiliki potensi yang besar dan memerlukan sinergi semua pihak dalam pemanfaatan potensi yang ada," kata Bupati , Fandi Akmad Yani.

Menurut dia, sinergi Pemkab saat ini sudah berjalan apik dengan semua pihak, terutama dengan kejaksaan negeri. Sepanjang tahun 2022, Pemkab bersama dengan Kejari bersinergi dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Pudak.

"Lewat SK Satgas Peningkatan PAD di Kabupaten , Pemkab bersama Kejari bekerja sama dalam peningkatan PAD. Hasilnya, kurang lebih 103 miliar rupiah dari sektor PBB dan BPHTB berhasil masuk dalam kas Pemkab . Strategi ini, kami harapkan bisa terus terjalin," paparnya.

Pemkab bersama kejaksaan juga bersinergi dalam upaya penanggulangan narkotika. Sinergi ini nyata terlihat dalam wujud rumah rehabilitasi Napza. Rumah Rehabilitasi Napza di kompleks RSUD Ibnu Sina, direncanakan akan memberikan layanan mulai dari pemeriksaan fisik, layanan laboratorium, hingga terapi bagi pasien.

"Jumlah kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten cukup tinggi dari tahun ke tahun. Ini tidak lepas dari luasnya wilayah dan lokasi Kabupaten yang berbatasan dengan kota besar. Ini menyebabkan pergerakan masyarakatnya menjadi sangat dinamis," ucap Gus Yani (sapaan akrab Bupati ).

Sementara itu, Mia mengatakan bahwa, kasus narkotika menjadi perhatian khusus lantaran angkanya yang cukup tinggi di .

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':