Seharian Penuh, Mas Dhito dan Mentan SYL Urus Pertanian di Bumi Panjalu

Seharian Penuh, Mas Dhito dan Mentan SYL Urus Pertanian di Bumi Panjalu Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat mendampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di pinggir sawah Desa Peh Wetan, Kecamatan Papar. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kerja sama antara Pemkab bersama Kementerian Pertanian terus berjalan. Bahkan, Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, bersama Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), seharian penuh mengurus pengembangan pertanian di Bumi Panjalu.

Kamis (9/2/2023) pagi, di gubuk pekarangan milik warga, keduanya bersama-sama berdialog dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Kanyoran, Kecamatan Semen. Mereka membahas bagaimana optimalisasi potensi sektor pertanian. 

Di Kabupaten , kopi, nanas, mangga podang, serta rosella menjadi 4 komoditas unggulan yang terus dikembangkan (sapaan akrab Bupati ). Saat dialog, dan Mentan mendorong kemandirian petani. Menurut Mentan usai mendapatkan stimulan baik berupa bibit maupun alat pertanian, petani harus bisa lebih mandiri.

“Kalau ini bisa dikonsepsi, kita lihat nanti (hasilnya),” terang Mentan YSL.

Sebelum berdialog, keduanya juga menanam kelapa genjah. Kelapa dengan varietas Pandan Wangi ini merupakan program penanaman satu juta kelapa genjah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Di Kabupaten sendiri, kelapa genjah dari Kementerian Pertanian itu telah disalurkan pada masyarakat sebanyak 10.000 di tahun 2022 dan diteruskan 10.100 batang pada tahun 2023 ini.

Menurut Mentan, kelebihan genjah dibanding kelapa lain adalah karena rasa airnya yang lebih manis, tinggi pohon yang hanya 4 meter, dan untuk berbuah hanya membutuhkan waktu 2,5 sampai 3 tahun saja.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO