Wakil Wali Kota Madiun Kenalkan Durian Varietas Baru di Depan Rumah Dinas

Wakil Wali Kota Madiun Kenalkan Durian Varietas Baru di Depan Rumah Dinas Wakil Wali kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, saat memperkenalkan durian jenis IR kepada warga Australia. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali kota , Inda Raya Ayu Miko Saputri, memperkenalkan durian varietas baru yang diberi nama IR di depan rumah dinas, Sabtu (25/2/2023). Ia pun mengungkapkan asal muasal pemberian identitas untuk buah yang memiliki kulit dengan duri-duri tajam itu.

"Awalnya saya tanya, mas ini durian jenis apa. Katanya belum punya nama, ya sudah diberi nama IR saja," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com.

Terkait hak paten, Inda mengaku bakal mengurusnya. Dengan demikian, durian dengan rasa dan tekstur yang lain tersebut bisa membumi dan harganya bisa merakyat.

"Durian ini berkualitas dan bermartabat, sehingga perlu penanganan yang bagus serta toko yang representatif. Makanya untuk saat ini harganya per kg masih lumayan. Sehingga bila ingin mencicipi sementara bisa paruhan dahulu," paparnya.

"Durian jenis ini manisnya creamy, dagingnya tebal, dengan biji yang kadang kecil dan warnanya menggiurkan. Karena pohonnya baru ada beberapa sehingga belum banyak beredar, dan harganya masih tinggi," timpal petani durian IR, Alim.

Hal itu juga dipertegas oleh WN Australia, Collin, yang tengah bekerja pada sebuah proyek di INKA. Menurut dia,  manis dari durian IR terbenam di lidah. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO