BPBD Tekankan Dua Peran Penting FPRB Dalam Pencegahan Bencana

BPBD Tekankan Dua Peran Penting FPRB Dalam Pencegahan Bencana Sosialisasi dan edukasi antisipasi bencana di Sumbertetek, Kecamatan Gempol, Minggu (26/2/2023).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Haris menekankan pentingnya peran FPRB (forum pengurangan risiko bencana) kecamatan dalam membantu pemerintah daerah mengurangi risiko bencana.

Menurut Ridwan, ada dua peran penting yang harus dilakukan FPRB, yakni upaya pencegahan dan kesiapsiagan. Hal tersebut disampaikan saat rapat kordinasi dengan pengurus FPRB Kecamatan Gempol di Sumbertetek Desa Wonosunyo, Minggu (26/2/2023).

Ia mencontohkan saat di sebuah desa terjadi hujan yang berpontensi banjir, maka FPRB berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat agar mereka selalu waspada.

"Upaya pencegahan bisa dilakukan kepada masyarakat dengan memberikan informasi agar mereka waspada. Ada peringatan  dini yang harus disampaikan kepada masyarakat," jelasnya.

Ridwan juga menyampaikan, bahwa tugas FPRB adalah kegiatan sosial dan kemanusiaan, di mana program yang direncanakan dan disusun memang tidak ada sokongan anggaran dari pemerintah. Ia berharap, peran FPRB bisa menjadi ladang amal untuk menumbulkan jiwa kepedulian kepada sesama.

"Keberadaan teman-teman relawan FPRB sangat membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan saat terjadi musibah bencana," ujarnya.

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO