Ini Prediksi Hari Raya Idul Fitri 1444 H Menurut BHR Pamekasan

Ini Prediksi Hari Raya Idul Fitri 1444 H Menurut BHR Pamekasan Hosen Ketua Bagian Hisap dan Rukyat (BHR) Pamekasan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bagian Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten , melakukan pemantauan hilal untuk menentukan bulan 1 Syawal, 1444 H.

Ketua BHR , Hosen memprediksi 1 Syawal atau 1444 H, tidak berbarengan antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Hal ini, berdasarkan posisi hilal pada Kamis (20/4/2023), ketinggian antara 1-2 drajat diatas ufuk dengan sudut elongasi dibawah 4 drajat, sehingga di jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

"Kalau pada 21 April posisi hilal masih jauh, artinya di bawah kriteria visibilitas baru (Imkanur Rukya)," katanya, kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (13/4/2023).

Ia menambahkan, sementara menurut Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (Mabims), ketinggian hilal pada posisi di 3 drajat, dengan sudut elongasi 6,4 drajat.

"Kalau dari posisi hilal kemungkinan terjadi perbedaan penetapan awal 1 syawal 1444 H kana pada hari itu kemungkinan belum bisa dilihat," jelasnya.

Namun, Hosen menegaskan, hal tersebut masih menunggu hasil rukyatul hilal dan keputusan sidang yang akan di gelar pada Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

Ia juga mengimbau kepada umat Islam di Madura, khususnya di , agar tetap saling menghargai dan menghormati, jika terjadi perbedaan jatuhnya 1444 H.

"Kami tim BHR nanti pada kamis depan juga akan melakukan pemantauan hilal di Observatorium Jokotole IAIN Madura Jalan Raya Tlanakan ," pungkasnya. (dim/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO