Pertama Kali, Pagelaran Wayang Kulit Bawakan Cerita dalam Babad Kadhiri Secara Utuh

Pertama Kali, Pagelaran Wayang Kulit Bawakan Cerita dalam Babad Kadhiri Secara Utuh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat memperagakan salah satu tokoh wayang. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejarah tanah hingga menjadi kerajaan dalam serat akan ditampilkan dalam perspektif cerita . Pagelaran ini membawakan 10 lakon secara berseri selama tiga hari berturut-turut pada 2-4 Mei 2023.

Pagelaran yang diinisiasi Bupati , Hanin Himawan Pramana, ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ke-1219 dan digelar di Lapangan Desa Papar, Kecamatan Papar.

Dhito, sapaan akrabnya, menyampaikan pemerintah daerah bekerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten  untuk menggelar ini.

"Melalui cerita yang utuh dan ditampilkan secara berseri ini diharapkan masyarakat khususnya generasi muda menjadi lebih tahu dan paham mengenai sejarah ," ujarnya, Senin (1/5/2023).

yang dibawakan dalam perspektif cerita pewayangan ini menjadi sarana tranformasi pengetahuan sejarah yang sangat berharga.

Selain sebagai tontonan, pagelaran ini diharapkan dapat menjadi tuntunan. Sebab, banyak nilai-nilai positif yang dapat dipelajari melalui lakon atau cerita yang dibawakan dalang.

"Dengan mengetahui jalannya cerita dengan karakteristik tokoh yang ada dalam tiap lakon, kita berharap ada nilai-nilai positif yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan keseharian," tutur Dhito.

Ki Didik Wibisono, Perwakilan Pepadi Kabupaten , mengungkapkan cerita-cerita dalam yang dibawakan dalam pagelaran diakui baru pertama kali ini dibawakan secara utuh.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO