Geram Ulah Oknum Wartawan Peras Kades, Dandim Gresik Minta Babinsa Ngantor di Balai Desa

Geram Ulah Oknum Wartawan Peras Kades, Dandim Gresik Minta Babinsa Ngantor di Balai Desa Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol. Inf. Ahmad Saleh Rahanar bersama babinsa, KWG, kades, dan camat saat turun di Desa Domas, Menganti, Rabu (24/5/2023) kemarin. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar geram dengan banyaknya laporan terkait oknum wartawan yang kerap datang ke desa-desa.

Oknum tersebut melakukan teror dan menakut-nakuti kepala desa (kades) dengan dalih adanya dugaan penyimpangan atau tindak korupsi program pembangunan di desa.

Bahkan, mereka tak segan-segan memeras dengan meminta uang disertai ancaman. Oknum wartawan itu mengancam akan melaporkan kades ke pihak berwajib apabila tak memberikan uang sesuai nominal yang diminta.

Fenomena itu membuat beberapa kades di Kabupaten Gresik takut. Mereka bahkan enggan ngantor di balai desa. Sehingga, pelayanan publik dan program desa menjadi terganggu.

"Berawal adanya laporan kepala-kepala desa, akhirnya kami cek di lapangan. Ternyata benar adanya. Kepala desa resah. Setelah berkoordinasi dengan Pak Pangdam dan Danrem, kami intruksikan seluruh jajaran untuk turun membantu kepala desa," ucap dandim usai turun ke desa-desa, Rabu (24/5/2023).

Dandim kemudian memerintahkan seluruh personel bintara pembina desa (babinsa) untuk lebih intens ke balai desa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Khususnya, mengantisipasi oknum-oknum yang menyalahgunakan profesi wartawan untuk mengancam kades.

"Kalau terjadi hal demikian, segera diamankan dan diselesaikan. Dibawa ke rekan-rekan kepolisian," pintanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO