PPATK Telusuri Dugaan Transaksi Mencurigakan di Rekening Panji Gumilang dan Al Zaytun

PPATK Telusuri Dugaan Transaksi Mencurigakan di Rekening Panji Gumilang dan Al Zaytun Menko Polhukam, Mahfud MD

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - , Mahfud MD mengatakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan () sedang mendalami transaksi mencurigakan di rekening petinggi Ponpes , .

“Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut , apakah ada pencucian uang atau tidak. Secepatnya,” kata Mahfud di Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

Dalam penyelidikan, Mahfud menyebut Panji memiliki 256 rekening dengan enam identitas berbeda.

“Ya memang, 256 rekening atas nama Abu Toto, , Abdussalam. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, , Abdussalam, pokoknya enam lah,” ungkap Mahfud.

Selanjutnya, Mahfud yang juga Ketua Komite Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) menemukan terdapat 33 rekening atas nama Ponpes .

Menurutnya, rekening-rekening tersebut sedang dianalisis apakah ada tindak pidana pencucian uang atau tidak.

“Dan 33 rekening atas nama institusi, jadi 289. Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut , apakah ada pencucian uang atau tidak,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Djuhandani Rahardjo menyatakan saat ini kasus masih mengarah ke dugaan penistaan agama.

“Sementara yang kami dapatkan sesuai laporan yaitu Pasal 156 A (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana). Itu tentang penodaan agama, sementara,” kata Djuhandani dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Kendati begitu, Djuhandani mengungkapkan jika tak menutup kemungkinan ada pasal dan pidana lain yang ditemukan dalam penyidikan. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO