EPPI Gelar Bincang Produktif Literasi Keuangan untuk Relawan

EPPI Gelar Bincang Produktif Literasi Keuangan untuk Relawan Para relawan yang biasanya mengadakan giat bersih-bersih sampah dan tanam pohon ketika mendapat ilmu baru, yaitu memanfaatkan media sosial untuk hal positif. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Relawan Peduli Lingkungan EPPI (Eks Putra-Putri Pramuka Indonesia) menggelar bincang produktif bertajuk 'Perencanaan keuangan dan Media Sosial Marketing untuk Pengembangan Bisnis yang Dikelola Relawan'.

Dalam bincang produktif yang digelar di Pandaya Garden, Dusun Sumberjo Desa Tanjung, Kecamatan Pagu, Kabupaten , Sabtu (8/7/ 2023) malam tersebut, EPPI berkolaborasi dengan Unit Inklusi Literasi Keuangan BPR Arsindo.

Koordinator EPPI, Beny Prastya, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk memberi bekal kepada para relawan dan generasi muda dalam bermedia sosial dengan cepat, tepat dan praktis. Menurut dia, keberadaan media sosial musti dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai pelaku bisnis dan bukan hanya sebagai konsumen pengguna serta penikmat media sosial saja.

"Dan, ternyata media sosial itu dapat dijadikan sebagai wahana untuk menghasilkan uang," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (9/7/2023).

Ia menambahkan, bincang produktif ini sengaja digelar untuk mengisi waktu luang bagi relawan. Relawan yang biasanya mengadakan giat bersih-bersih sampah dan menanam pohon, harus bisa memanfaatkan medsos untuk hal yang positif.

Sementara itu, narasumber yang juga menjabat sebagai Direktur Utama BPR Arsindo, Arif Widiyatmoko, menjelaskan perencanaan keuangan menjadi kunci pertama dalam mengatur tata kelola keuangan. 

Ia menilai, para relawan harus bisa merencanakan pendapatan keuangan yang masuk, untuk dialokasikan kepada pengeluaran secara tepat. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, untuk usaha, untuk tabungan, untuk hal darurat dsb.

"Para relawan juga harus mampu menerjemahkan mengelola "keinginan" (membeli sesuatu) dengan skala prioritas yang diperlukan dengan kemampuan pendapatan,"kata Arief.

Masih menurut Arief, bermedia sosial ternyata bisa digunakan sebagai alat marketing untuk mengembangkan bisnis. Melalui beberapa aplikasi di sosial media seperti : WA, Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter dan yang lainnya, dapat dengan mudah digunakan memperkenalkan produk-produk dengan jaringan yang lebih luas.

"Media sosial dapat membangun jaringan interkoneksitas secara kontinyu dengan para konsumen, pelanggan dan masyarakat dengan lebih cepat, tepat dan praktis,"pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO