Puasa Tasua dan Asyura Juli 2023, Berikut Jadwal dan Dasar Pelaksanaannya

Puasa Tasua dan Asyura Juli 2023, Berikut Jadwal dan Dasar Pelaksanaannya Puasa Tasua dan Asyura Bulan Juli 2023, Berikut Jadwal dan Dasar Pelaksanaannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Amalan yang dapat dikerjakan oleh umat Islam pada bulan ialah Puasa Tasua dan Asyura. Dalam salah satu hadits mengatakan bahwa puasa di bulan menjadi puasa yang utama setelah puasa Ramadhan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2023, pemerintah menetapkan tanggal 19 Juli 2023 sebagai hari libur nasional dalam rangka memperingati 1445 H.

"1 jatuh pada 19 Juli, puasa Asyura di tanggal 10 yang bertepatan dengan tanggal 29 Juli" tutur Adib selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama.

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling utama sesudah Ramadhan adalah puasa di bulan , dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat di malam hari" (HR. Muslim).

Dasar pelaksanaan puasa sunnah ini didasarkan pada hadits yang disampaikan oleh Hafshah binti Umar bin Khattab RA. Hafshah menyampaikan "Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum subuh" (HR. Ahmad dan An Nasa'i).

Dari pernyataan di atas terlihat bahwa puasa Asyura merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 9 dan 10 . Penjelasan tersebut merujuk pada sabda Rasulullah SAW dalam hadits dari Ibnu Abbas RA. Beliau bersada, "Jika saya masih hidup hingga tahun depan, saya akan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 ()" (HR. Ahmad).

Jadwal puasa Tasua dan Asyura 2023 ialah:

-: Kamis, 27 Juli 2023

-: Jum'at, 28 Juli 2023

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO