6 Wilayah di Kota Kediri Masuki Tahap Penilaian Lapangan Kelurahan Berseri 2023

6 Wilayah di Kota Kediri Masuki Tahap Penilaian Lapangan Kelurahan Berseri 2023 Tim evaluator lapangan dari DLH Jatim saat melakukan penilaian salah satu kelurahan di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 6 wilayah di Kota berhasil lolos seleksi administrasi dalam penilaian Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun ini.

Sejumlah kelurahan tersebut secara bergantian dievaluasi teknis lapangan Desa/Kelurahan Berseri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur, dimulai sejak Rabu (12/7) hingga Jum'at (14/7).

Keenam nominasi Desa/kelurahan Berseri masuk dalam 2 kategori, yaitu madya terdiri dari Kelurahan Bandar Kidul, Kelurahan Dermo, dan Kelurahan Burengan. Sedangkan kategori pratama yaitu Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Mrican dan Kelurahan Tempurejo.

Dihari pertama penilaian lapangan dilakukan di Kelurahan Bandar Kidul dan Bandar Lor, dilanjutkan hari berikutnya menuju ke Kelurahan Mrican dan Kelurahan Dermo, dan di hari terakhir dilakukan tinjauan ke Kelurahan Tempurejo dan Burengan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota , Anang Kurniawan, menjelaskan bahwa program desa/kelurahan berseri ini dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jatim dengan tujuan agar menjadikan budaya kepada masyarakat untuk peduli dengan lingkungan sekitar mereka.

"Melalui program ini, masyarakat harus ikut andil dalam pelestarian serta pengelolaan lingkungan hidup. Jadi bukan hanya pemerintah saja yang punya kewajiban menjaga lingkungan melainkan masyarakat juga ikut andil," ujarnya, Jum'at (14/72023).

Anang menambahkan bahwa dalam kunjungan lapang tersebut terdapat 4 kategori sebagai aspek penilaian. Ketegori pertama adalah pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), kategori kedua pengelolaan sampah, kategori ketiga ialah konservasi energi, dan terakhir meliputi pengelolaan konservasi air.

"Untuk seluruh aspek kategori penilaian, insyaallah sudah dikelola dengan baik, " terangnya lebih lanjut.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO