Daftar Cabup-Cawabup Gresik Lewat DPW PKB Jatim, Sambari-Qosim Dianggap Salah Alamat

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Manuver pasangan cabup-cawabup (calon bupati-calon wakil bupati) Gresik petahana, SQ (Sambari Halim Radianto-Moh Qosim) yang mendaftar ke DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) PKB Jawa Timur, mulai mendapatkan respon pengurus DPC PKB Kabupaten Gresik.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Gresik, Imron Rosyadi menilai, manuver yang dilakukan SQ itu salah alamat. "Sebab, yang memiliki wewenang untuk menerima pendaftaran calon bupati dan calon wakli bupati itu PKB Gresik, bukan DPW PKB," kata Imron, Senin, (22/6).

"Karena itu, PKB Gresik menilai SQ daftar cabup dan cawabup ke DPW PKB itu salah alamat," sambung Imron.

Menurut Imron, DPW PKB Gresik itu memiliki wewenang untuk menerima pendaftaran cagub (calon gubernur) dan cawagub (calon wakil gubernur). Karena itu, kalau ada orang yang ingin mendaftarkan diri menjadi cagub atau cawagub, maka daftarnya ke DPW. "Lalu SQ itu mau daftar cabup-cawabup atau cagub-cawagub," tukas Imron.

Imron menegaskan, kalau pasangan SQ mendaftar cabup-cawabup untuk maju pada Pemilukada (pemilihan umum kepala daerah) Gresik 9 Desember  mendatang ke DPW PKB, maka itu dianggap tidak sah.

Sebab, kata Imron, jalur yang dilakukan SQ itu salah. "Sesuai dengan jalurnya dan ketentuan yang telah dibuat, untuk pendaftaran cabup-cawabup PKB, harus melalui DPC PKB. Ini bukan hanya berlaku di Gresik. Tapi, semua daerah, " terangnya.

Sementara pasca membuka pendaftaran cabup-cawabup pada 2 Juni 2015 lalu, banyak yang telah lakukan pendaftaran dan mengembalikan formulir ke PKB Gresik. Mereka di antaranya, Ketua PCNU Kabupaten Gresik, Dr H Husnul Khuluq MM, Ketua DPC PKB Gresik, Jazilul Fawaid, Ketua Komisi D DPRD Gresik, Ruspandi Sunaryo, dan beberapa tokoh lain.

Para pendaftar cabup-cawabup tersebut sekarang dalam tahap seleksi oleh tim desk Pilkada DPC PKB Gresik, yang diketuai oleh Ketua Dewan Syuro DPC PKB Gresik, KH Robbach Ma'sum MM.

Kabar yang berhembus di internal PKB Gresik menyebutkan, dari penggodokan para cabup-cawabup PKB Gresik oleh Tim Desk Pilkada PKB Gresik, cabup Husnul Khuluq menempati peringkat teratas.

"Saya dengar Pak Khuluq yang memiliki potensi besar bakal direkom PKB Gresik untuk dibawa ke DPW dan DPP menjadi cabup PKB," kata salah satu pengurus PKB Gresik yang wanti-wanti namanya tidak dipublikasikan. (hud/rvl) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO