Giat Tumpeng Sewu, Bupati Situbondo Berharap Toleransi Beragama di Desa Wonorejo Jadi Inspirasi

Giat Tumpeng Sewu, Bupati Situbondo Berharap Toleransi Beragama di Desa Wonorejo Jadi Inspirasi Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bersama jajaran FKUB, Kemenag, Muspika Banyuputih dan aparatur Desa Wonorejo dalam giat Tumpeng Sewu.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ribuan orang hadir dalam giat Tumpeng Sewu di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, . Agenda tersebut merupakan acara rutin tahunan desa yang dilaksanakan pada 10 Muharram.

Setiap keluarga dan lembaga atau perkumpulan di desa datang membawa tumpeng, kemudian dimakan bersama oleh masyarakat yang hadir. Menariknya, kegiatan ini adalah hasil dari partisipasi dan kerja sama semua warga desa yang berbeda agama.

Adapun agama yang dianut warga Desa Wonorejo adalah Islam sebagai mayoritas, Kristen, Katolik dan Protestan, Hindu, dan Khonghucu. Bupati , Karna Suswandi, mengapresiasi Tumpeng Sewu di sana.

Pujian itu karena acara yang melibatkan semua unsur penganut agama berjalan dengan rukun dalam semangat kebersamaan, dan saling menghormati. Kegiatan di Balai Desa Wonorejo pada Jumat (28/7/2023) itu juga dihadiri oleh sekda, bakesbangpol, kepala kemenag, jajaran FKUB, Muspika Banyuputih, dan aparatur Desa Wonorejo.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Tumpeng Sewu. Ini cerminan masyarakat Desa Wonorejo," kata pimpinan daerah yang akrab disapa itu.

"Ini adalah sesuatu yang luar biasa dari berbagai elemen keagamaan, semuanya berpartisipasi dalam Tumpeng Sewu. Sekaligus sebagai bentuk selamatan desa," imbuhnya.

Ia berharap, acara itu dapat terus memupuk kebersamaan dan toleransi di desa yang dikenal plural dengan penganut agama yang berbeda.

"Saya berharap dengan kegiatan tumpeng sewu ini terus terajut dengan baik, yang memunculkan sebuah kekompakan kebersamaan di dalam membangun desanya," tutur pria asli itu.

Tumpeng Sewu di Desa Wonorejo juga diharapkan menjadi agenda rutin tahunan desa, dan dikenal hingga menasional.

"Tentu saya sebagai Bupati menyambut baik ini, dan saya berharap menjadi agenda rutin Pemerintah Desa Wonorejo, dan ini harus bisa dikembangkan dengan kreativitas dengan inovasi, sehingga kegiatan ini semakin lama semakin apik dan masyarakat semakin mengapresiasi sehingga partisipasi masyarakat semakin lama semakin meningkat," paparnya.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO