Dinas ESDM Provinsi Jatim Ambil Sampel Air Sumur yang Tercemar di Kediri

Dinas ESDM Provinsi Jatim Ambil Sampel Air Sumur yang Tercemar di Kediri Sulastri menunjukkan air sumur miliknya yang masih berbau menyengat. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim dari Kantor Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur mengambil sampling air sumur yang diduga tercemar di RT 5 RW 2 Lingkungan Kresek Kecamatan Pesantren, Kota , Rabu (13/2023) siang.

Selanjutnya, sampel air yang diambil dari beberapa sumur warga tersebut akan dilakukan uji di laboratorium.

Berdasarkan hasil penelitian sementara, tidak direkomendasikan air tersebut digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci, mandi, memasak, ataupun untuk minum. Sebagai gantinya, Pemkot melalui PDAM setempat terus menyalurkan air bersih di bak penampungan yang berada di depan rumah warga

Kepala , Oryza Mahendrajaya, mengatakan pengambilan sampel air sumur yang diduga tercemar BBM tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut keluhan warga tetang kondisi air yang berbau dan licin, bahkan bisa terbakar ketika disulut korek api.

Menurut Oryza, Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur selain mengambil air sumur juga melakukan pengukuran kedalaman sumur.

"Hingga saat ini air sumur warga yang diduga tercemar tersebut masih mengeluarkan bau menyengat seperti bau BBM dan berwarna keruh kekuning-kuningan," ujarnya, Rabu (13/9/2023).

Sementara, Sulastri (58), salah satu warga yang sumurnya diduga tercemar, mengaku bahwa air sumur miliknya telah diambil oleh tim dinas ESDM untuk diteliti di laboratorium.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO