Antisipasi Warga Syiah Mudik, Polres Sampang Siapkan Dua Pleton Brimob

Antisipasi Warga Syiah Mudik, Polres Sampang Siapkan Dua Pleton Brimob Wakil Bupati Sampang, Fadhilah Budiono. (foto: bahri/BANGSAONLINE)

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Demi menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (kantibmas) Polres Sampang menyiapkan pasukan brimob sebanyak 2 pleton pasukan Brimob dari Polda Jatim yang akan disiagakan di beberapa titik yang yang dianggap rawan di Sampang.

Prioritas utama pengamanan akan disiagakan bagi warga pengikut Syiah yang berniat mudik di Desa Karang Gayam Kecamatan Omben dan Desa Blu’uran Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang.

“Kami ingin memastikan masyarakat aman, tidak terkecuali warga Syiah yang mungkin mudik lebaran pulang kampung halamannya. Kami perlu mengantisipasi jangan sampai konflik lalu terulang kembali,” jelas Kabag Ops Polres Sampang Kompol Syaiful Anam, Kamis (03/07).

Syaiful menuturkan, selain mengawal warga Syiah selama mudik, pasukan Brimob, juga rutin menggelar patroli di wilayah yang pernah menjadi konflik agama tersebut. Ini dilakukan guna memberikan rasa aman bagi pengikut Syiah yang merayakan lebaran di kampungnya.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Sampang tidak akan memberikan fasilitas angkutan mudik lebaran gratis bagi pengungsi Syiah yang ada di Rumah Susun (Rusun) Jemondo Sidoarjo.

Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono saat dikonfirmasi, menyatakan tidak akan memfasilitasi warga Syiah yang ingin mudik. Fadhilah mengatakan bahwa warga Syiah yang mudik akan menggunakan uangnya sendiri untuk biaya perjalanannya ke kampung halaman di Sampang.

“Tidak ada itu fasilitas. Kalau mau mudik ya silakan ngongkos sendiri,” singkatnya. (hri/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO