Pemdes Randuagung Gresik Budidaya Melon Luna Maya di Wisata Ecopark

Pemdes Randuagung Gresik Budidaya Melon Luna Maya di Wisata Ecopark

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah desa (Pemdes) Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten budidaya melon "Luna Maya" di wisata ecopark yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala desa (Kades) Randuagung, Khambali, menyatakan, melon budidaya BUMDes Randuagung diberi nama "Luna Maya" lantaran melon berjenis melon Luna, dan bentuknya yang cantik dan rasanya manis.

"Sehingga, warga menyebutnya melon "Luna Maya"," ucap Khambali, Jumat (20/10/2023).

Dikatakan Khambali, budidaya melon "Luna Maya" terletak di sekitar area wisata Ecopark Randuagung. Budidaya melon sebagai proyek percontohan.

"Jika berhasil, warga Desa Randuagung diharapkan setiap rumah bisa menanam minimal 5 pohon," tuturnya.

Menurut Khambali, melon Luna Maya ditanam pada lahan milik desa seluas 8X12 meter. Melon cantik berwarna kuning ini ditanam menggunakan metode tanam polybag, dan serabut kelapa serta pengairan dan insectisida secara otomatis.

Ada sekitar 300 pohon buah melon dan berbuah di tempat budidaya dengan masa tanam hingga panen selama 62 hari. Tanam dari 28 Agustus, sudah bisa dipanen pada 28 Oktober, memdatang.

"Saat panen, nantinya kita akan undang dinas terkait juga untuk memastikan kualitas dari melon Luna Maya ini," jelasnya.

Lebih jauh Khambali menyatakan, BUMDes melalui budidaya tanam melon "Luna Maya", juga terus mengembangkan wisata Ecopark milik desa dengan mengembangkan berbagai sarana dan prasarana, seperti pavingisasi, sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) warga, spot foto, kolam renang anak, dan prasarana lainnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO