Pemakzulan Jokowi Menggema, Komposisi DPR RI: 314 Kursi Vs 261 Kursi

Pemakzulan Jokowi Menggema, Komposisi DPR RI: 314 Kursi Vs 261 Kursi MOMEN PENTING. Presiden Jokowi ketika mau sesi foto bersama dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Selasa (28/1/2020). Foto ini diabadikan seusai sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi. Foto: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A), dari KOMPAS.com. A

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Menguatnya indikasi dinasti politik dan oligarki politik di bawah Presiden Joko Widodo menimbulkan kekecewaan rakyat secara meluas. Salah satu indikasi poliik paling menonjol adalah skandal Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan capres- di bawah umur 40 tahun asal pernah jadi kepala daerah. Putusan MK ini dinilai banyak pihak sangat janggal dan “slintutan”, karena tak didasarkan pada kepentingan konstitusi. Sebaliknya, diduga semata untuk kepentingan personal, untuk memberikan jalan pada – putra sulung – sebagai calon wakil presiden.

Apalagi langsung bergerak menghadiri Rapimnas Golkar yang secara terbuka mengusulkannya sebagai . Wajah Gibran tampak ceria, selalu senyum, saat berada di tengah pengurus Golkar.

Ironisnya, seolah tak tahu menahu tentang manuver politik penan Gibran, anaknya itu. Padahal sejumlah kepala daerah di bawah usia 40 tahun sudah membocorkan tentang operasi politik yang dilakukan oleh orang yang mengaku “utusan” Istana. Para kepala daerah itu mengaku “digerilya” pihak istana lewat aparatur pemerintah di daerahnya masing-masing.

“Awalnya, ngomongnya muter-muter. Tapi kemudian ia bilang nanti akan ada utusan dari istana,” tutur seorang kepala daerah yang usianya masih 30-an tahun kepada BANGSAONLINE.

Dan benar. Beberapa hari kemudian datanglah sang utusan politik itu. Ia mengaku akan membantu memenangkan pencalonan kepala daerah usia muda pada Pilkada akan datang asal ia mau menjadi pemohon ke MK untuk menurunkan batas usia di bawah 40 tahun. Tak aneh jika sebagian nama mereka kemudian tercatat sebagai pemohon di MK.

Kini misi politik itu goal. Setidaknya, untuk sementara. MK meloloskan capres- usia di bawah 40 tahun, dengan cacatan pernah pernah menjadi kepala daerah. Gibran yang baru menjadi walikota Solo dua tahun pun bisa melenggang sebagai Prabowo Subianto yang memang berharap dapat limpahan suara dari pengaruh .

Namun gelombang kekecewaan dan protes dari berbagai eskponen rakyat justru meluas. Media cetak, online, elektronik, hingga media sosial dipenuhi berita kekecewaan rakyat. Termasuk protes para mahasiswa. Padahal Prabowo menggandeng Gibran berharap mendapat suara milenial – termasuk mahasiswa – disamping pengaruh suara .

Skandal MK ini dianggap bukan saja terjadi diluar nalar dan kepatutan moral tapi juga merusak sendi-sendi demokrasi dan tata kelola negara yang selama 9 tahun menjabat presiden indeks demokrasi terjun bebas. Apalagi skandal MK itu terjadi tak lepas dari sepak terjang ketua MK, Anwar Usman, yang tak lain paman Gibran dan adik ipar .

Namun itulah tampaknya realitas politik dari pengejewantahan pernyataan yang secara terang-terangan mengaku akan cawe-cawe dalam Pilpres. Kini cawe-cawe politik itu benar-benar ia lakukan. Terutama dengan cara mendesain politik anak kandungnya sendiri, Gibran, di panggung politik pilpres.

Sontak reaksi bermunculan di seantero nusantara. Yang mengejutkan, kekecewaan yang meluas itu tidak hanya ditunjukkan oleh eksponen masyarakat obyektif dan rival politik , tapi juga oleh para pendukung fanatiknya selama ini.

Salah satu pendukung fanatik adalah Goenawan Mohamad, budayawan dan sastrawan kondang. Ia mengaku sadar bahwa ia telah dibodohi . "Yg kita dapat dari tontonan “MK untuk Gibran” adalah kesadaran bhw kekuasaan membuat si penguasa bodoh dan takabur," cuit GM – panggilan akrab Goenawan Mohamad - di akun X, Selasa (17/10/2023).

Bodoh dan takabur, tegas GM, karena mengira rasa keadilan masyarakat bisa dilecehkan dengan sebuah sandiwara murahan. Ia tak bisa membayangkan jika menang. “Jika nanti / menang, kita dan generasi anak kita akan mewarisi kehidupan politik yang terbiasa culas, nepotisme yang menghina kepatutan, lembaga hukum yang melayani kekuasaan,” tulis GM.

Yang juga mengejutkan, Fadjroel Rachman, Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, malah mengunggah foto halaman 1 Harian KOMPAS yang memuat berita dan foto Prabowo saat diberhentikan dari Panglima Kostrad TNI. Dalam keterangannya, mantan juru bicara Presiden itu menulis: GENTLE REMINDER: Mungkin @gibran_rakabuming dan Generani Milenial serta Generasi Z memerlukan informasi ini untuk menghadapi #pilpres14Februari.

Mungkin Fadjroel Rachman tidak menentang . Tapi ia menunjukkan sikap politik berbeda karena tak sependapat soal Prabowo.

Pendukung utama lain yang tak setuju Gibran maju sebagai adalah Butet Kartaredjasa. Tokoh teater dan budayawan kondang itu secara terang-terangan minta Gibran jangan mau diminta untuk jadi . Tapi Gibran tak menggubris.

Butet pun kecewa. Kini ia malah mengaku menantikan debat calon wakil presiden antara Mahfud MD dan dalam Pilpres 2024. Ini tentu satire atau sindiran terhadap Gibran.

"Saya justru mengharapkan Mas Gibran itu maju jadi wapres karena saya sangat merindukan nanti kalau ada perdebatan, wapresnya debat, 35 tahun lawan professor Mahfud MD, apik banget," kata Butet di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (23/10).

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO