Bupati Sidoarjo Revitalisasi Pasar Larangan, Kondisinya Kini Jadi Lebih Bersih

Bupati Sidoarjo Revitalisasi Pasar Larangan, Kondisinya Kini Jadi Lebih Bersih Pekerja memakai alat berat mulai membongkar pagar Pasar Larangan, Sidoarjo. Nantinya, lokasi ini bakal dibangun taman.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, terus memacu pembangunan dan melakukan berbagai pembenahan di berbagai bidang. Hal tersebut dilakukan pimpinan daerah yang akrab disapa itu saat memasuki tahun ketiga sejak menjabat pada 2021.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur jalan yang dikebut, pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan juga terus ditingkatkan. Bidang yang bersentuhan dengan ekonomi juga digarap, seperti revitalisasi Pasar Larangan, di Kecamatan Candi. 

Tahun ini, salah satu pasar tradisional tersebut direvitalisasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) . Sebab, pasar tradisional yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota itu sudah lama kurang mendapat perhatian.

Pasar Larangan kini mulai ditata, pertama merelokasi ratusan pedagang yang dipindah ke sebelah barat pasar, tempat yang lebih representatif. Agar tampak luas, pagar depan toko sebelah sisi timur pasar dibongkar, dan untuk menambah estetika agar pengunjung pasar merasa nyaman dibangun taman, serta tempat parkir lebih tertata.

"Penataan pasar seperti ini menjadi bagian untuk menghadirkan estetika kota yang menarik, apalagi pasar Larangan ini merupakan pasar tradisional yang berada dekat pusat kota. Depan toko juga dibangun taman, tempat parkir ditata, pagar depan toko dibongkar," kata , Kamis (9/11/2023).

Kondisi pagar Pasar Larangan yang sudah dibongkar dan bakal dibangun taman.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pembangunan di Kota Delta, termasuk dukungan terhadap penataan Pasar Larangan untuk menciptakan pasar tradisional yang nyaman dan aman. Tujuannya untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

"Pasar tradisional seperti ini adalah milik bersama, oleh karenanya sudah seharusnya kita jaga bersama, Pemkab akan terus berusaha menghadirkan pasar tradisional yang nyaman dan aman, sekaligus juga indah dipandang karena pasar rakyat merupakan penggerak roda perekonomian," beber alumnus Fisip Unair ini.

Sementara itu, Kepala Disperindag , Widiyantoro Basuki, menyebut pembongkaran pagar sudah dimulai pada Selasa (7/11/2023) lalu. Diperkirakan dalam 2-3 hari nanti akan selesai.

Dalam penataan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) , Dinas Perhubungan (Dishub) , serta Satpol PP .

"Pagar ini kita lakukan pembongkaraan untuk penataan parkir mengingat Undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan tidak memperkenankan parkir dibahu jalan seperti di jalan nasional di depan Pasar Larangan ini," urai Basuki.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO