Sidang Mertua Vs Menantu di Jombang, Saksi Ungkap Asal-usul Cincin Kawin yang Disengketakan

Sidang Mertua Vs Menantu di Jombang, Saksi Ungkap Asal-usul Cincin Kawin yang Disengketakan

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sidang perkara dugaan pencurian dan penggelapan cincin kawin milik Diana Suwito oleh Yeni Sulistiyowati (78) kembali berlanjut di Pengadilan Negeri (PN) . Kali ini jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan saksi dari adik kandung korban atau pelapor.

Dalam sidang tersebut, saksi Amelia Dewi (36) mengungkapkan riwayat dan asal usul cincin berlian yang kini jadi objek perkara di persidangan. Diungkapkan Amel, bahwa cincin putih bertata berlian yang menjadi perkara menantu dan mertua itu merupakan cincin hadiah pernikahan yang dibeli kedua orang tua Diana untuk hadiah bagi keluarga baru.

"Cincin berlian itu adalah hadiah untuk keluarga baru yang dibeli ayah ibu saya. Dan yang dimaksud keluarga baru itu ya almarhum Subroto dengan kakak saya Diana," ujarnya, Sabtu (18/11/23).

Dijelaskan secara gamblang, bahwa cincin berlian itu diberikan sebelum acara resepsi di Surabaya pada tahun 2016 silam.

"Itu dibeli ayah ibu saya, sebagai hadiah. Sebelum acara resepsi pernikahan di Surabaya," imbuh Amel.

Saat di persidangan, Amel dicesar sejumlah pertanyaan, di antaranya apakah ia melihat peristiwa saat Diana Suwito meminta cincin berlian pada Yeni Sulistyowati di hari ke-49 kematian mendiang suami Diana yakni Subroto.

"Saya itu kan diajak untuk mengantarkan doa, kepada almarhum dalam acara 49 harinya Subroto. Kemudian disambut baik dengan Mak Yeni. Dipersilakan masuk, disuruh doa dulu. Setelah doa, kami dipersilakan untuk makan, kemudian saya makan di rumah sebelah, karena sembahyangnya di rumah induk," terang Amel.

Tidak berselang lama, ia mendapat telepon dari suaminya. Untuk itu ia hendak berpamitan ke Yeni. Dan pada saat itu ia melihat dan mendengar ada percakapan serius antara Diana dan Yeni.

"Di rumah induk saya mendengar dan melihat percakapan yang disampaikan oleh Cece Diana dengan mertuanya. Yang saya ingat disampaikan soal cincin. Sempat ditanyakan cincin. Karena saat itu saya juga sambil telepon. Jadi yang saya dengar soal pertanyaan cincin, ada jawaban juga, terjadi percakapan," tandasnya.

"Kalau kata-kata detailnya saya lupa, karena kejadian juga sudah lama, sekitar bulan Januari. Yang saya dengar ada jawaban dari Mak Yeni kalau cincin itu ada dan dibawa sama beliau (Yeni). Ce Ling-Ling (Lindayani) juga ada. Bahkan sempat menyampaikan, kalian masih lama toh. Karena percakapan terlihat serius, saya pun izin pamit untuk pulang, karena suami juga sudah jemput di depan," sambung Amel.

Yang bikin heran, saat di ruang persidangan, Amel sempat mendengar pernyataan yang kurang mengenakkan dari terdakwa. Di mana Yeni mengaku tidak kenal dengan dirinya.

"Tadi sempat ditanya sama pengacaranya ini kan masih keluarga. Dan saya menganggap karena tidak ada perceraian, ya masih keluarga hingga saat ini. Tapi pada saat ditanya (terdakwa) sama Pak Hakim, apakah mengenal dengan saudara saksi, malah dijawab, tidak. Wah berarti dia (Yeni) tidak mengenal saya. Terus kalau ditanya perasaan, saya kecewa, ternyata mereka tidak menganggap (saya) keluarga," tuturnya.

"Jadi perlakuan mereka terhadap Cece Diana selama ini yang saya saksikan, selama di rumah sakit, Cece Diana dimarah-marahi, dimaki-maki, ditunjuk-tunjuk dengan kalimat kasar. Itu kejadian maki-maki dan marah-marah di rumah sakit, dan kedua di Palem Asri (rumah makan), dan ini parah sekali," kata Amel.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO