Tindaklanjuti SE Gubernur Jatim, BPBD Kota Kediri Siap Siaga Memitigasi Bencana Hidrometeorologi

Tindaklanjuti SE Gubernur Jatim, BPBD Kota Kediri Siap Siaga Memitigasi Bencana Hidrometeorologi Kalaksa BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 360/3295/208.3/2023 Perihal Surat Edaran Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot melalui BPBD telah mengantisipasinya.

Kalaksa BPBD Kota , Indun Munawaroh, mengatakan bahwa terdapat belasan poin yang perlu diperhatikan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

“Dalam 13 poin tersebut, yang paling penting ialah koordinasi dan sinergitas lintas sektor, karena merupakan hal krusial dalam penanganan bencana baik dalam hal kesiapsiagaan mitigasi, penanganan darurat, ataupun fase pemulihan,” ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Saat ini, kata Indun, Pemkot telah melakukan koordinasi internal dan eksternal dengan lembaga-lembaga seperti TNI, POLRI, BBWS Brantas, PLN, DPU SDA Provinsi Jawa Timur, DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Jasa Tirta I, dan relawan.

Menurut dia, BPBD Kota telah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang mempunyai risiko tinggi terjadinya genangan atau potensi bencana lain akibat hidrometeorologi ini, di antaranya tanah longsor, genangan air, dan pohon tumbang.

“Kita kemarin sudah memetakan kelurahan di Kota yang rawan banjir atau secara historis menjadi langganan banjir,” tuturnya.

Dari hasil pemetaan tersebut, lanjut Indun, Pemkot menganalisis akar permasalahan banjir di Kota , yakni sedimentasi saluran air, vegetasi yang menutupi saluran air, kondisi drainase yang kurang optimal, serta saluran air terlalu kecil.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO