KA Pandalungan Sukses Dievakuasi, PT KAI Kebut Perbaikan Rel

KA Pandalungan Sukses Dievakuasi, PT KAI Kebut Perbaikan Rel Evakuasi KA Pandalungan yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lokomotif KA Pandalungan (KA 75) rute Gambir-Jember yang anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin akhirnya berhasil dievakuasi pada Senin (15/1/2024) sekira pukul 00.22 WIB. Gerbong kereta sudah naik di atas rel dan saat ini sedang dalam pengecekan di Stasiun Tanggulangin. 

Manajer Humas PT Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa setelah dilakukan perbaikan dan normalisasi rel, KA Wijaya Kusuma rute Ketapang-Surabaya dapat melintasi rel tempat anjloknya KA Pandalungan dengan kecepatan terbatas, yakni 20 km per jam.

"Sekitar pukul 04.22 WIB, KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KA Wijaya Kusuma," ujar saat dikonfirmasi.

Setelah lokomotif berhasil naik ke atas rel, pihaknya langsung mengebut melakukan perbaikan jalur rel tempat anjloknya KA tersebut.

"Proses perbaikan dan penormalan kembali jalur kereta api dilakukan sekitar dua jam," kata Luqman.

Ia mengatakan, proses perbaikan dan normalisasi jalur di lokasi terus dilakukan sampai jalur tersebut dinyatakan aman untuk dilewati perjalanan kereta api dengan kecepatan yang telah ditentukan sebelumnya.

"Karena proses perbaikan terus kami lakukan, saat ini jalur lokasi anjloknya KA Pandalungan bisa dilewati dengan kecepatan terbatas yaitu 20 km per jam," ucapnya.

Proses perbaikan terus dilakukan, baik dengan tenaga manual ataupun dengan mesin perawatan jalur kereta api. Sehingga jalur tersebut nantinya dapat dilewati kembali perjalanan kereta api dengan kecepatan normal, yakni sekitar 90km/jam.

"Untuk sementara lokomotif ditempatkan di Stasiun Tanggulangin untuk kami cek kembali tentang kondisi terkini dari lokomotif," urai Luqman

Mengenai penyebab anjloknya KA akan dilakukan penyelidikan oleh pihak terkait. Nantinya, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) yang akan menyampaikan kepada masyarakat. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO