Apakah Pare Dapat Menjadi Obat Alami Penurun Gula Darah? Simak Penjelasannya

Apakah Pare Dapat Menjadi Obat Alami Penurun Gula Darah? Simak Penjelasannya Apakah Pare Dapat Menjadi Obat Alami Penurun Gula Darah? Simak Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit dan mengandung kadar serat yang tinggi. Pare juga memiliki beberapa manfaat, salah satunya dapat mengontrol kadar gula darah.

Menurut US Department of Agriculture (USDA) tiap 100 gram pare hanya mengandung 1 gram gula.

Dilansir dari Healthline, pare memiliki senyawa yaitu polipeptida-P yang berfungsi seperti insulin dalam mengubah gula darah menjadi energi di dalam sel tubuh.

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2.

Konsumsi pare juga dapat membantu sel tubuh dalam memanfaatkan glukosa, serta memindahkannya ke hati, lemak dan otot.

Menurut hasil penelitian di dalam Jurnal Springer, pare bermanfaat dalam menurunkan gula darah yang dapat dirasakan dalam 30 menit setelah mengonsumsi sayur pahit ini.

Pare bisa menurunkan gula darah karena menurunkan kadar glukagon pada penderita diabetes.

Perlu diketahui bahwa glukagon adalah hormon protein yang diproduksi pankreas sebagai penyeimbang insulin. Jika insulin bertugas mengelola glukosa sehingga kadar gula darah turun, glukagon justru bisa menyebabkan kenaikan.

Meskipun penjelasan mengenai pare dapat menurunkan gula darah, perlu penelitian lebih lanjut terkait manfaat pare tersebut.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO