Perkuat Kolaborasi, BPBD Jatim-SRPB Gelar Pelatihan Vertical Rescue dan Dapur Umum

Perkuat Kolaborasi, BPBD Jatim-SRPB Gelar Pelatihan Vertical Rescue dan Dapur Umum Pelatihan yang berlangsung di Taman Pendidikan Bencana BPBD Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Maraknya di tengah ancaman cuaca ekstrem saat ini membuat terus memperkuat kolaborasi bersama para relawan, seperti pelatihan bersama komunitas relawan yang tergabung dalam Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. Agenda tersebut berlangsung di area Taman Pendidikan Bencana , Minggu (3/3/2024).

Terdapat 100 peserta mewakili 63 lembaga relawan se-Jatim mengikuti kegiatan yang difokuskan pada materi Basic Vertical Rescue dan Pelatihan Dapur Umum ini. Kalaksa , Gatot Soebroto, dengan didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bige Agus Wahjuono membuka langsung pelatihan yang dikemas dalam acara bertajuk 'Arisan Ilmu Nol Rupiah' ini.

Kegiatan juga dihadiri, Koordinator SRPB Jatim, Rachmad Subekti Kimiawan, dan sejumlah pemateri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) , Poltekkes Kerta Cendikia, serta Galena Rescue. Gatot menegaskan, bencana adalah urusan bersama, dan BPBD tidak mungkin menangani semuanya sendiri, sehingga butuh kolaborasi dengan berbagai unsur pentahelix, termasuk para relawan.

"Bencana itu bisa terjadi kapan saja. Karena itu, butuh penguatan kapasitas semua unsur untuk mampu terlibat dalam penanganannya. Termasuk saat bencana yang terjadi di ketinggian dan kemampuan mendirikan dapur umum. Sebab BPBD itu bukan Superman. Karena itu butuh kolaborasi dengan berbagai elemen," tegasnya.

Ia juga berharap, para relawan dari unsur apapun bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di area Taman Pendidikan Bencana untuk pelatihan dan penguatan kapasitas. Tidak terkecuali, panjat tebing, Tenda Pendidikan bencana (Tenpina), ruang hening dan fasilitas edukasi kebencanaan lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO