Gelar Rapat, Golkar Kembali Usung Bupati yang Bisa Tambah Kursi di DPRD

Gelar Rapat, Golkar Kembali Usung Bupati yang Bisa Tambah Kursi di DPRD DPD Golkar Jatim saat menggelar rapat dengan pengurus DPD Golkar kabupaten/kota se-Jawa Timur. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPD Jatim bersama pengurus DPD kabupaten/kota se-Jawa Timur menggelar rapat, Sabtu (9/3/2023) kemarin. Agendanya adalah membahas hasil pemilu 2024, baik legislatif maupun presiden.

"Rapat juga membahas menghadapi gawe besar pesta demokrasi tahap II tahun 2024, pilkada serentak 27 November 2024," kata Ketua DPD Gresik, Ahmad Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (10/3/2024).

Menurutnya, rapat memutuskan bahwa DPD Jatim akan kembali mengusung bupati incumbent sebagaimana pilkada 2020.

"Syaratnya, incumbent tersebut terbukti bisa menaikkan suara atau kursi di DPRD hasil pemilu 2024. Jadi, bupati yang terbukti mampu menaikkan jumlah kursi DPRD di kabupaten/kota akan diusung kembali oleh pada pilkada 2024," urai Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Namun, jika tidak, akan memprioritaskan mengusung calon dari kader internal atau mencari figur alternatif.

"Jadi, ada 2 skenario yang akan dipakai dalam menghadapi pilkada 2024. Plan A, akan mengusung bupati hasil pilkada 2020 (incumbent) untuk maju pada pilkada 2024 jika terbukti bisa menambah kursi di parlemen hasil pemilu 2024. Dan, plan B, memprioritaskan kader internal atau figur alternatif," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO