Kunjungan Kerja ke Bangkalan, Mentan Janji Tambah Pompa Air Lahan Pertanian

Kunjungan Kerja ke Bangkalan, Mentan Janji Tambah Pompa Air Lahan Pertanian Mentan RI Andi Amran Sulaiman saat kunjungan kerja di Bangkalan dalam rangka pompanisasi sebagai upaya akselerasi program perluasan areal tanam (PAT) tahun 2024.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia berjanji memberikan tambahan pompa air untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bangkalan.

Bantuan pompa itu diutarakan langsung saat kunjungan kerja dalam rangka kegiatan pompanisasi di Bangkalan sebagai upaya akselerasi program perluasan areal tanam (PAT) tahun 2024.

Baca Juga: Seleksi Administrasi Lelang Sekda Bangkalan, Berikut Nama-Nama yang Lolos

"Saya lihat lahan persawahan di sini dekat dengan sungai, tapi sayangnya tidak ada yang mengalir ke persawahan, dibiarkan langsung ke laut," ungkap saat meninjau pipanisasi di Kelurahan Bancararan, Selasa (14/5/2024).

Melihat potensi itu, di hadapan petani dan pejabat daerah Bangkalan, ia menjanjikan tambahan 78 mesin pompa air supaya produktivitas pertanian tidak hanya mengandalkan tadah hujan.

"Kami akan segera kirim 78 pompa air untuk Bangkalan. Kalau hanya menunggu hujan, petani hanya bisa panen sekali setahun. Sumbernya dekat, petani bisa menanam padi meski tidak ada hujan," ujarnya.

Baca Juga: ​Pj Bupati Bangkalan Serahkan Bantuan Modal Usaha untuk IKM dari DBHCHT 2024

Pihaknya, meminta danrem mengerahkan pasukan untuk membantu pemasangan pompa air yang akan dikirim. Sebab, permasalahan pangan bukan hanya tanggung jawab kementerian, namun juga TNI-Polri dan kejaksaan.

"Mohon dibantu dan disupport juga dari lantamal, polres, dan kejaksaan. Semuanya bertanggung jawab, sesuai dengan Inpres nomor 5 tanggal 3 Maret 2011. Hukumnya wajib, bukan sunnah lagi," jelas Amran.

Amran mengajak semua unsur, baik dari pemerintahan, TNI-Polri, dan kejaksaan bahu membahu agar Indonesia bisa menjadi lumbung pangan internasional.

Baca Juga: Ketua PKS Bangkalan Ajak Bakal Cabup Bangkalan Ikuti Jejak Pj. Bupati Arief

"Selama ini yang bisa memainkan pangan internasional Brazil, Indonesia, dan sejumlah negara di garis khatulistiwa lain. Kita sangat berpotensi menjadi pengendali utama, air kita melimpah, dan lahan pertanian juga luas," pungkasnya.

Selain itu, Bangkalan juga mendapatkan tambahan 10 unit alat mesin pertanian (alsintan) berupa handtractor roda 4 dan combine.

Sementara itu Pj. Bupati Bangkalan, Arief M Edie, mengucapkan terima kasih pada Mentan atas bantuan yang diberikan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Bangkalan.

Baca Juga: Tanggapan Penanggung Jawab SGB atas Surat Terbuka dari Managemen BSA pada Pj Bupati Bangkalan

"Selama ini memang kami sangat membutuhkan bantuan alat untuk meningkatkan produksi pertanian. Bantuan 135 pompa air sangat membantu dan 78 tambahan yang akan diberikan pada kami akan sangat membantu," katanya. (fat/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO