Air PDAM Gresik Tak Mengalir, Fajar: YLBH FT Siap Dampingi Pelanggan Gugat Perdata

Air PDAM Gresik Tak Mengalir, Fajar: YLBH FT Siap Dampingi Pelanggan Gugat Perdata Andi Fajar Yulianto, Direktur YLBH Fajar Trilaksana.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikelola Gresik sejak Selasa (14/5/2024) lalu tidak mengalir.

Kondisi ini tentu membuat ribuan pelanggan PDAM di sejumlah wilayah kelimpungan, karena kesulitan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Warga yang terdampak antara lain di Desa Kembangan, Bunder, Duduksampeyan, Suci, Perumahan Griya Bunder Asri (GBA), Green Garden, Alam Bukit Raya (ABR), MGA, Kedanyang, GKB, GKA, Randiagung, dan sekitarnya.

Pantuan BANGSAONLINE.com, pelanggan terpaksa membeli air galonan untuk mandi akibat tak mengalirnya air PDAM. Ada juga yang memesan air tangki.

Padahal, mereka seharusnya punya hak untuk mendapatkan kompensasi dari PDAM. Hal ini sesuai ketentuan Undang-Undang (UU) RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Direktur Utama (Dirut) Gresik, Kurnia Suryandi, membenarkan air PDAM tak terdistribusi ke pelanggan di sejumlah wilayah sejak Selasa (14/5/2024). Hal itu disebabkan adanya perbaikan pipa GL diameter 600 mm di Giri 2.

"Iya, ada perbaikan pipa di GL Dia 600 mm di Giri 2. Butuh waktu 1 x 24 jam," ucapnya saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Selasa (14/5/2024).

Namun setelah berjalan 1 x 24 jam, air belum juga mengalir. Perumda kemudian kembali mengeluarkan edaran pada tanggal 15 Mei, bahwa perbaikan pipa keropos membutuhkan tambahan waktu 2 x 24 jam atau 2 hari.

Sementara itu, Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Fajar Trilaksana (FT), Andi Fajar Yulianto, mengaku sudah menerima beberapa aduan terkait mampetnya air PDAM.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO