Pemkab Blitar Gandeng Pertakina untuk Dorong Potensi Lokal Lebih Luas

Pemkab Blitar Gandeng Pertakina untuk Dorong Potensi Lokal Lebih Luas Acara 'Ngopi Bareng' yang digelar Pemkab Blitar bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI) se-Jatim. (dok. Ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar terus berupaya dalam mengenalkan potensi lokal ke pasar yang lebih luas. 

Kali ini, menggandeng Perkumpulan Tenaga Kerja Purna dan Keluarga Indonesia () untuk bergotong royong dalam memajukan potensi lokal. 

Upaya ini bertujuan memanfaatkan jaringan internasional yang dimiliki untuk mendorong pembangunan daerah. 

, Rini Syarifah, menyampaikan hal ini dalam acara "Ngopi Bareng" bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI) se-Jawa Timur yang digelar di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok pada Selasa (4/5/2024). 

Acara tersebut menjadi wadah penting bagi komunikasi antara pemerintah daerah dan PMI serta keluarga mereka. 

"Pada kesempatan ini, kami ingin menegaskan pentingnya peran PMI dan keluarganya dalam pembangunan daerah. Mereka memiliki banyak jaringan di luar negeri yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi lokal Blitar," ujar Bupati Rini. 

Rini juga menyoroti pentingnya pendampingan dan perlindungan terhadap PMI.

Menurutnya, siap membantu berbagai kendala yang dihadapi oleh PMI dan keluarganya, baik di dalam negeri maupun saat berada di luar negeri. 

"Kami mengharapkan kerja sama yang erat antara PMI dan . Jika ada permasalahan, segera koordinasikan dengan pemerintah daerah agar dapat terselesaikan dengan baik. Pendampingan dan perlindungan adalah prioritas kami," tegas Bupati Rini.

Acara "Ngopi Bareng" tersebut dihadiri oleh ratusan PMI dan anggota keluarga mereka.

Dalam suasana santai namun penuh makna, berbagai persoalan terkait kehidupan dan pekerjaan PMI di luar negeri dibahas dengan seksama. 

Para peserta acara menyambut baik inisiatif untuk lebih aktif dalam memberikan dukungan. 

juga berharap sinergi ini bisa terus berlanjut melalui berbagai program yang akan datang. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO