Warga Apresiasi Program Percepatan Penanganan Anak Putus Sekolah di Era Hanindhito Himawan Pramana

Warga Apresiasi Program Percepatan Penanganan Anak Putus Sekolah di Era Hanindhito Himawan Pramana Calon Bupati Kediri nomor urut 2, Hanindhito Himawan Pramana, saat berdialog dengan warga. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat mengapresiasi program percepatan penanganan anak putus sekolah yang digagas calon bupati petahana, Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa , di periode pertama kepemimpinannya. Hal tersebut terungkap saat calon bupati nomor urut 02 itu melakukan kampanye di Desa Jati, Kecamatan Tarokan, Selasa (15/10/2024).

Dalam kesempatan dialog tersebut, warga Desa Tarokan yang bernama Suci Lestari mengaku sejak adanya program dari , anak-anak yang sebelumnya putus sekolah saat pandemi Covid-19 kini sudah bisa kembali bersekolah.

Baca Juga: Sidoarjo Auto Pilot Dukung Subandi-Mimik Idayana di Pilkada 2024

"Di daerah kami itu banyak sekali anak putus sekolah terutama di daerah pegunungan. Alhamdulillah ada program untuk APS dilanjutkan ke PKBM dan mereka bisa lanjut sekolah lagi," ucapnya.

Setidaknya dari data sensus yang dilakukan, di Desa Tarokan terdapat 200 anak putus sekolah, mulai tingkat SD sampai SMA. Anak-anak itu kini 70 persen telah mengikuti pendidikan kesetaraan kejar paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), yang mana program untuk kembali bersekolah itu gratis.

"Bahkan yang dulunya tidak kesensus pun ada tekad untuk bersekolah kembali. Program ini sangat bermanfaat sekali terutama di Desa Tarokan," kata Suci.

Baca Juga: Kunjungi Penderita Stroke, Bunda Fey Pastikan Layanan Kesehatan Jadi Prioritas

Ia bersama ratusan warga yang datang pun mengaku mendukung kembali menjadi Bupati Kediri agar program-program yang dijalankan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat dapat terus dilanjutkan.

Dalam kesempatan itu,  menyebut menjadi tugas pemerintah kabupaten yakni memberikan pelayanan dasar, salah satunya di sektor pendidikan. Melalui program percepatan penanganan anak putus sekolah itu diharapkan semakin banyak anak yang mau kembali bersekolah.

Di sisi lain, untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikan jenjang SMA, pada 2022 mendirikan SMA Dharma Wanita Boarding School.

Baca Juga: Sapa Masyarakat, Mbak Cicha Perkuat Visi Misi Dhito-Dewi Kembangkan UMKM

"Kita berharap terjadi peningkatan harapan lama sekolah (HLS) karena idealnya 12 tahun," ucap .

Menjadi komitmen bersama wakilnya, Dewi Mariya Ulfa, program-program di periode pertama yang baik dan menyentuh masyarakat akan dilanjutkan jika kembali terpilih dalam . Selain itu, ia juga menekankan bahwa bila dipercaya lagi oleh warga untuk memimpin Kabupaten Kediri di periode kedua, pihaknya akan membangun rumah sakit di barat sungai.

"Setelah pembangunan RSKK di Pare untuk menjadi Rumah Sakit Tipe A, rampung, maka selanjutnya akan dibangun Rumah Sakit di barat Sungai (Kecamatan Banyakan, Grogol, Tarokan, Semen dan Mojoroto). Pemkab Kediri nantinya bisa menggandeng investor untuk mewujudkan rumah sakit itu," paparnya. (uji/mar)

Baca Juga: Panen Doa dan Dukungan di Pasar PPI Krembangan, Khofifah Optimis Menang Tebal di Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO