Situs Ndalem Pojok Gelar Diskusi di Hari Sumpah Pemuda 2024

Situs Ndalem Pojok Gelar Diskusi di Hari Sumpah Pemuda 2024 Diskusi yang digelar Situs Ndalem Pojok Gelar saat memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Peristiwa yang tercetus pada Oktober dan tahun ini bertepatan dengan Sumpah Jabatan, yaitu sumpah jabatan presiden dan wakil presiden, serta para menteri di Kabinet Merah Putih. 

Terinspirasi kejadian tersebut, panitia tasyakuran Hari di Situs Persada Soekarno Kediri menggelar diskusi kebangsaan bertajuk 'Tiga Sumpah Nasional yang Membawa Kejayaan Indonesia'. Kegiatan berlangsung di Sanggar Sasono Pandji Saputra, Situs Persada Soekarno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Minggu (27/010/2024) malam.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96

“Kebetulan bulan ini kan bersamaan, tanggal 20 Oktober kemarin Presiden, Wakil melaksanakan Sumpah Jabatan, tanggal 21 Oktober jajaran Menteri Kabinet Merah Putih diangkat sumpahnya dan tanggal 28 Oktober adalah Hati . Maka diskusi kita akan membahas soal sumpah, keajaiban sumpah dan juga bahayanya sumpah,” kata Ketua Panitia Hari , Lukito Sudiarto.

Menurut dia, sejarah telah mencatat betapa ajaibnya sumpah yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Kita lihat Sumpah Palapa telah membawa kejayaan Nusantara, telah mengantarkan berdirinya Negara Republik Indonesia. Nah, tinggal Sumpah Jabatan kan harusnya bisa membawa kejayaan Republik Indonesia, setidaknya keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Tapi ini kan kita rasakan belum tercapai? Ada apa ini? Inilah yang kita bahas,” urai Ketua DPC Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Kabupaten Kediri itu.

Baca Juga: Harapan Pjs Wali Kota Pasuruan di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Empat pembicara dihadirkan dalam diskusi ini, yaitu Juwaini (Dewan Kesenian Kabupaten Kediri), Ki Budi (PDKK Kediri), Kushartono (Ketua Harian Situs Persada Soekarno Kediri) dan Tri Handono (Budayawan) serta Ari Hakim LC sebagai moderator.

“Kita berharap bukan sekedar diskusi dan wacana-wacana. Kita berharap semua yang hadir berani mengangkat sumpah untuk mengabdi dan mencintai bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berani bersumpah untuk tidak berkhianat terhadap bangsanya dan negaranya. Ini penting, kalau tidak berkhianat berarti kan tidak ada korupsi, kolusi dan nepotisme, Tidak akan berani mengambil kekayaan negara yang bukan haknya,” kata Ari Hakim LC.

Sedangkan, Kushartono, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok, menambahkan bahwa harusnya sumpah itu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan yang menyumpah juga harus sungguh-sungguh.

Baca Juga: Khofifah Minta Pemuda Aktif Jaga Kualitas Demokrasi di Peringatan Sumpah Pemuda

"Artinya kalau dia yang bersumpah itu dengan sengaja mengkhianati sumpahnya maka mestinya petaka akan menimpa dirinya. Nah kalau sumpahnya yang seperti ini, pasti siapapun mikir-mikir akan mengambil Sumpah Jabatan,” ucapnya.

"Artinya, siapa pun yang akan menjadi pejabat harus siap berlaku jujur, adil, tidak akan korupsi, nepotisme. Dan kalau nggak siap, ya nggak daftar jadi pejabat. Saya yakin masih banyak yang berani dan antre," imbuhnya.

Rangkaian tasyakuran Hari dan diskusi kebangsaan di Situs Soekarno diawali dengan acara doa bersama lintas agama, santunan anak yatim/fakir miskin, pentas seni budaya dan selamatan. (uji/mar)

Baca Juga: Paguyuban Pendekar Nusantara Siap Menangkan Vinanda-Gus Qowim di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO