Sabtu, 15 Mei 2021 18:11

Dinsos Pemkot Probolinggo Latih 10 Anjal Membatik, Program agar tak Kembali Menjadi Anak Jalanan

Rabu, 21 Oktober 2015 17:41 WIB
Dinsos Pemkot Probolinggo Latih 10 Anjal Membatik, Program agar tak Kembali Menjadi Anak Jalanan
Para anjal saat menjalani pelatihan membatik oleh Dinsos Pemkot Probolinggo. foto: andi/BANGSAONLINE

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Agar para Anak Jalanan (Anjal-red) tidak kembali ke Jalanan, Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Probolinggo punya program jitu. Sebanyak 10 Anjal dilatih membatik oleh Dinsos. Anjal itu sendiri meliputi wilayah se- Kota Probolinggo. Program membatik bagi anjal itu sendiri merupakan program rutin tiap tahun yang digelar Dinsos.

Tujuan dilakukan pelatihan membatik ini, agar para anak jalanan (anjal) tidak kembali mencari uang di jalanan. Dengan bekal keterampilan tersebut, diharapkan anak-anak jalanan bisa beralih profesi sehingga kesejahteraannya pun meningkat.

"Kita saat ini sudah memberikan pelatihan 10 orang anak jalanan yang bekerjasama dengan Pengusaha Batik Arum Manis. Pelatihan tersebut sudah berlangsung dan digelar selama 4 hari dimulai tanggal 20-24 Oktober," ujar Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Yusuf, mendampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Drs. Edi Sutrisno MSi , Rabu (21/10).

Menurut Yusuf, kegiatan bimbingan sosial dan pelatihan bagi anak jalanan dan remaja bermasalah ini dapat mengurangi potensi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Sebab, permasalahan utama dari PMKS selalu berkaitan dengan ekonomi.

BACA JUGA : 

Beri Apresiasi, Pemkot Probolinggo Bagikan Bantuan Sembako untuk Ratusan Petugas Kebersihan

Resmi, Sekda Kota Probolinggo Didapuk Jadi Ketua Korpri

Terdampak Refocusing Anggaran, Balai Benih Ikan Milik Dinas Perikanan Kota Probolinggo Terbengkalai

Gagal Proses Lelang, Niat DPRD Kota Probolinggo Miliki Fasilitas Laptop Kandas

"Materi yang diberikan dalam pelatihan ini nantinya dapat mereka terapkan untuk membantu perekonomian keluarga. Bisa juga agar mereka berbakat untuk membatik dan kreatif sehingga dapat bekerja secara mandiri,” terangnya.

Yusuf juga menambahkan untuk teknik membatik yang diajarkan kepada para anjal adalah teknis membatik tulis, teknis batik cap dan teknis batik jumput. “Dengan pemberian pelatihan batik ini, diharapkan mereka bisa membatik dan minimal bekerja disalah satu pengrajin batik di Kota Probolinggo," paparnya.

Lebih Jauh masih dikatakan Yusuf, pelatihan tersebut dilaksanakan di salah satu Pengusaha Batik bernama Batik Arum Manis, Jl.MT Haryono Gang 6, Kelurahan Jati, Kota Probolinggo dengan narasumber atau pelatih yakni Agus Heriyanto yang tak lain instruktur batik yang juga pengusaha batik Arum Manis dan Junaidi dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

Nantinya, semua anak jalanan tersebut yang sudah kreatif, rencananya akan dimagangkan atau dapat dipekerjakan pada pengusaha atau perusahaan batik yang ada di sekitar Kota Probolinggo.

"Selain memberikan latihan batik, kami juga tiap tahun memberikan pelatihan mengelas seperti las karbit dan listrik sertaketerampilanotomotif atu perbengkelan. Harapannya, dengan pemberian pelatihan atau keterampilantadi, mereka (anjal) bisa hidup layak, mandiri dan tidak kembali ke jalanan lagi," imbuhnya. (ndi/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...